Menhub Sebut 79,4 Juta Orang Bakal Mudik, 13 Juta dari Jabodetabek

| Rabu, 06/04/2022 23:05 WIB
Menhub Sebut 79,4 Juta Orang Bakal Mudik, 13 Juta dari Jabodetabek Menhub Budi Karya Sumadi (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, dari total 79,4 juta orang yang diprediksi akan melakukan mudik lebaran tahun ini, sebanyak 40 juta orang memilih menggunakan mobil pribadi. Hal itu berdasarkan hasil survei dari Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) di mana pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun motor akan mendominasi pergerakan mudik.

Menhub Budi menjelaskan dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu, 6 April 2022, pilihan moda transportasi terbanyak kedua setelah kendaraan pribadi yaitu: angkutan jalan (bus dan penyeberangan) sebanyak 26,7 juta orang, pesawat 8,9 juta orang, kereta api 8,2 juta orang, kapal, 1,4 juta, dan angkutan lainnya 0,1 juta orang.

"Dari 79,4 juta orang yang diprediksi mudik, sebanyak 13 juta orang berasal dari Jabodetabek," ujar Budi dalam keterangan tertulis Kementerian Perhubungan.

Adapun untuk provinsi tujuan yang paling dominan akan dituju para pemudik yakni Jawa Tengah sebanyak 23,5 juta, Jawa Timur sebanyak 16,8 juta dan Jawa Barat sebanyak 14,7 juta. Dan untuk jalur perjalanan yang paling dipilih adalah melalui jalan tol Trans Jawa, jalur lintas Jawa Tengah, Tol Cipularang, jalur Pantura, jalan Trans Sumatera serta beberapa ruas jalan lainnya.

Sementara itu, berdasarkan rencana operasi dan prediksi hasil survey, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada tanggal 29-30 April dan arus balik diperkirakan terjadi pada tanggal 8 Mei.

Tags : Menhub RI , Arus Mudik , Lebaran , COVID-19 , Indonesia