Pemerintah Klaim Distribusi Minyak Goreng Curah Meningkat 800 Ton per Hari

| Sabtu, 09/04/2022 19:24 WIB
Pemerintah Klaim Distribusi Minyak Goreng Curah Meningkat 800 Ton per Hari Ilustrasi Minyak goreng kemasan. (Foto: hargawebid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat terjadi peningkatan penyaluran Minyak Goreng Curah (MGC) sebesar rata-rata 800 ton per hari. Jika dibandingkan Maret, angka penyaluran ini naik 16%.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita merinci, dari data Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) rata - rata penyaluran minyak goreng curah pada Bulan April adalah sebesar 5.424 ton per hari, atau naik dibanding Bulan Maret yang sebesar 4.640 ton per hari.

Menperin menerangkan juga menyebutkan bahwa melalui SIMIRAH ini pemerintah dapat mengawasi produksi dan distribusi MGC secara real time.

“Tujuannya agar mempermudah pelaku industri sekaligus untuk menjaga transparansi dan akutabilitas kepada masyarakat sehingga tercipta good governance,” kata Menperin dalam keterangannya, Sabtu 8 April 2022..

Dalam SIMIRAH, terdapat beberapa tampilan fitur, di antaranya berupa produksi, pelacakan distribusi MGC, sebaran pendistribusian (lokasi produsen dan distributor), dan real-time distribusi (nasional dan wilayah).

“Kemenperin akan melaporkan secara berkala ke publik tentang rating penyaluran minyak goreng curah bersubsidi untuk seluruh produsen peserta program. Nantinya kami akan mengumumkan pelaku usaha yang tidak patuh serta belum mendukung program,” tandas Menperin

Tags : minyak goreng , minyak curah