Wamenkeu: Inflasi Bisa Capai 4% di Tahun 2023

| Jum'at, 22/04/2022 09:30 WIB
Wamenkeu: Inflasi Bisa Capai 4% di Tahun 2023 Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara memprediksi adanya kemungkinan inflasi akan meroket hingga empat persen di tahun 2023.

Suahasil berpendapat angka empat persen masih dalam tataran wajar dengan catatan wajib dijaga agar tidak melebihi dari itu.

"Tidak apa-apa, tetapi harus dijaga supaya tidak menjadi terlalu tinggi dan kemudian malah menjadi bumerang bagi pertumbuhan ekonomi kita," kata Suahasil dikutip Antara, Jumat 22 April 2022.

Sementara itu terkait pertumbuhan ekonomi, dia menargetkan tahun depan akan berada di antara 5,3 persen sampai 5,9 persen.

Ia menjelaskan pemulihan ekonomi di Indonesia saat ini terus berlanjut, namun sayangnya terdapat hambatan pemulihan seperti kondisi geopolitik yang terjadi di Rusia - Ukraina.

"Di tengah-tengah apa yang sedang kita waspadai dalam pemulihan ekonomi tersebut, tiba-tiba terjadi geopolitik Rusia dan Ukraina," ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, Suahasil menyebutkan harga berbagai komoditas global pun naik. Hal ini menjadi sebuah luka atau scarring effect dari pandemi COVID-19.

“Ini menyebabkan dunia usaha masih membutuhkan waktu untuk menyiapkan kapasitas produksi kembali seperti sebelum pandemi,” sambung dia.

Scaring effect ini menyebabkan peningkatan inflasi yang harus ditangani agar naiknya harga tidak menjadi terlalu tinggi dan pemulihan ekonomi tidak terhambat.

Tags : Inflasi , Kemenkeu