Punya Kualitas, Ventilator Indonesia Siap Bersaing di Pasar Global

| Jum'at, 17/06/2022 07:49 WIB
Punya Kualitas, Ventilator Indonesia Siap Bersaing di Pasar Global Produk Ventilator Bagi Industri Kesehatan (Doc: The Times)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah mengklaim bahwa Indonesia telah naik level dalam memproduksi ventilator, sehingga produk yang dihasilkan masuk kategori produk berkualitas tinggi.

“Jenis ventilator tersebut tergolong berkualitas tinggi, yang belum pernah diproduksi di dalam negeri dan hari ini kita tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bisa produksi ventilator, yang merupakan hasil karya bersama dengan perguruan tinggi,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dikutip dari laman resmi Kemenperin, Jumat 17 Juni 2022.

Menurut dia, berkat kerja sama dengan berbagai pihak seperti pelaku industri dan institusi pendidikan, Indonesia kini mampu menjadi net eksportir produk kesehatan seperti masker dan bahkan dia mencanangkan akan memperluas produk ventilator Indonesia ke pasar global.

“Produk ini telah berhasil mendapatkan izin edar, dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di atas 40 persen. Artinya, sudah wajib dibeli di dalam negeri, terutama rumah sakit dan pusat layanan kesehatan di Indonesia,” paparnya.

Saat ini kebutuhan ventilator di dunia terus tumbuh, bukan hanya untuk kebutuhan pandemi Covid-19, tetapi juga untuk penanganan penyakit kronis lainnya yang membutuhkan alat bantu pernapasan.

“Market size dunia untuk ventilator ini diperkirakan tumbuh 5 persen setiap tahunnya, dengan nilai sebesar USD5,79 miliar pada tahun 2021 untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit, homecare dan lainnya,” sebutnya.

Pada tahun 2027, pasar ventilator diproyeksi akan mencapai USD9,13 miliar.

“Dengan demikian, hadirnya industri ventilator di dalam negeri, baik jenis invasi dan non-invasi akan mendukung program substitusi impor alat kesehatan sebagaimana telah dicanangkan oleh Bapak Presiden Jokowi untuk menggunakan produk-produk buatan dalam negeri,” tegasnya.

 

 

Tags : Importir Masker , ventilator ,

Berita Terkait