Mendag Tawarkan Kompensasi bagi Perusahaan yang Dukung “Migor” Kemasan Sederhana

| Selasa, 28/06/2022 11:19 WIB
Mendag Tawarkan Kompensasi bagi Perusahaan yang Dukung “Migor” Kemasan Sederhana Sektor Perkebunan Kelapa Sawit (Doc: Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebut akan ada kompensasi bagi produsen minyak goreng yang membantu pemerintah menyiapkan minyak goreng kemasan sederhana.

"Sebagai kompensasi, akan diberikan kuota ekspor CPO kepada produsen sawit yang mendukung program migor kemasan sederhana ini," kata Mendag dalam keterangannya, Selasa 28 Juni 2022.

Dengan dibukanya keran ekspor CPO ini, maka kebutuhan produsen akan CPO akan meningkat dan tentunya juga akan berdampak pada kebutuhan produsen akan tandan buah segar dari petani sawit pemerintah.

"Kalau stok CPO di produsen tersalurkan baik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun untuk ekspor, maka tandan buah segar sawit petani akan lebih terserap. Harga juga akan membaik. Akan tetapi kebutuhan dalam negeri tetap diutamakan. Ada skema yang akan mengatur itu," tegas Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas pun secara tegas meminta pengusaha ataupun produsen minyak goreng agar membeli sawit petani rakyat paling tidak Rp1.600/kg seperti arahan pemerintah yang diputuskan dalam rapat koordinasi bersama Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).

Tags : CPO , Minyak Goreng , Migor