Cadangan Devisa Juni Naik Jadi US$136,4 Miliar

| Jum'at, 08/07/2022 11:49 WIB
Cadangan Devisa Juni Naik Jadi US$136,4 Miliar Karyawan Menghitung Uang Pecahan 50 Ribu dan 100 Ribu (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir Juni 2022 tercatat sebesar 136,4 miliar dolar AS. Angka itu lebih tinggi dibandingkan dengan posisi pada akhir Mei 2022 sebesar 135,6 miliar dolar AS.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengatakan peningkatan cadev banyak dipengaruhi oleh penerbitan global bond Pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa.

“Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,6 bulan impor atau 6,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” kata Erwin, dalam keterangannya, Jumat 8 Juli 2022.

Pihaknya menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

“Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi,” tandas dia.

Tags : Cadev , devisa , Bank Indonesia

Berita Terkait