Presiden Jokowi Dorong Pemerintah Pusat dan Daerah Terus Bergerak Kendalikan Inflasi

| Selasa, 25/10/2022 18:35 WIB
Presiden Jokowi Dorong Pemerintah Pusat dan Daerah Terus Bergerak Kendalikan Inflasi Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah terus bergerak mengendalikan inflasi dengan sejumlah upaya, diantaranya mensubsidi biaya transportasi untuk komoditas yang mengalami peningkatan harga.

"Kita pemerintah dengan gubernur, bupati, wali kota, juga bergerak dengan apa, ongkos transportasi barang-barang yang mengalami kenaikan itu ditutup dari APBD. Ini juga akan mengurangi kenaikan harga barang dan jasa," kata Presiden Jokowi dilansir dari antaranews, Selasa, 25 Oktober 2022.

Pemerintah daerah (pemda), kata Presiden Jokowi, diberikan keleluasaan untuk mensubsidi biaya transportasi barang melalui anggaran belanja tak terduga dan Dana Transfer Umum (DTU) sebesar dua persen. Dengan kebijakan tersebut, kata Presiden, harga-harga barang di pasar hingga Selasa ini cukup
stabil.

Sejalan dengan itu, lanjut Presiden, Bank Indonesia (BI) selaku otoritas moneter juga mengendalikan inflasi dengan instrumen suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate. Menurut data Bank Indonesia, suku bunga kebijakan 7-Day Reverse Repo Rate telah dinaikkan sebesar 50 basis poin pada Oktober 2022 menjadi 4,75 persen.

Tags : Jokowi , APBD , Pemda , Inflasi , BI , Indonesia