Pemerintah Reaktivasi Sumur Tua untuk Genjot Produksi Migas

| Selasa, 29/11/2022 10:01 WIB
Pemerintah Reaktivasi Sumur Tua untuk Genjot Produksi Migas Pengeboran Pertamina di Sumur BBS-012 (Doc: Pertamina)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah meningkatkan produksi minyak dan gas bumi untuk mencapai target produksi minyak 1 juta BOPD dan gas 12 BSCFD pada tahun 2030. 

Salah satu strategi yang sedang dilakukan adalah optimalisasi produksi lapangan eksisting  melalui reaktivasi idle well.

Idle wells sendiri adalah sumur-sumur yang tidak aktif lebih dari 6 bulan, meliputi sumur yang baru shut in dan belum ada rencana untuk dihidupkan kembali, sumur yang telah lama shut in (idle) karena berbagai kondisi, sumur yang berada dalam kondisi suspended, serta sumur yang merupakan bagian dari proses produksi seperti EOR tapi dalam kondisi tidak aktif seperti sumur injektor atau sumur sumber air

"Pemerintah mendorong setiap upaya untuk menaikkan produksi migas. Sesuatu yang baru seperti teknologi atau lainnya, kita invite sebanyak mungkin dengan garis batas kita adalah tidak melanggar peraturan," jelas Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Noor Arifin Muhammad dalam keterangan tertulisnya, Selasa 29 November 2022.

Dia melanjutkan, sumur yang direaktivasi lebih kepada sumur produksi atau sumur injeksi yang telah  tidak aktif dalam jangka waktu minimum 6 bulan berturut-turut dan tidak termasuk forecasted production sebagai sumur produksi. 

“Ini merupakan kerja sama  b to b antara KKKS dengan provider teknologi,” tambahnya.

Untuk melancarkan pelaksanaan program ini, Pemerintah  tengah menyusun peraturan pendukungnya. 

“Aturannya masih dibahas.  Kerja sama ini masih HoA, sehingga untuk detilnya masih dalam pembahasan,” kata Noor Ari.

Sebagai informasi di Indonesia, terdapat 10.398 sumur yang masuk pada kriteria idle well. Namun demikian, tidak semua memiliki potensi untuk direaktivikasi karena sesuatu dan lain hal, seperti tidak adanya potensi subsurface, keekonomian yang tidak terpenuhi karena high cost rectivation dan harga minyak mentah dunia pada saat itu, serta faktor HSE dan non teknikal seperti masalah masyarakat.

Tags : Sumur Minyak , Idle Wells

Berita Terkait