Pengusaha Perempuan UMKM Diproyeksi Kelola Usaha Senilai $135 Miliar

| Rabu, 30/11/2022 15:08 WIB
Pengusaha Perempuan UMKM Diproyeksi Kelola Usaha Senilai $135 Miliar Pengusaha Perempuan (Doc: Liputan 6)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah memprediksi pada 2025, para pengusaha perempuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan berhasil mengelola usahanya sebesar USD 135 miliar.

“Pada 2025, UMKM yang dikelola perempuan diproyeksikan mencapai USD 135 miliar. Semua angka tersebut menunjukkan, perempuan memiliki potensi yang luar biasa dan tidak lepas dari upaya memajukan perekonomian di Indonesia,” kata Wamendag Jerry Sambuaga dalam keterangan tertulisnya, Rabu 30 November 2022.

Menurutnya, di tengah ketidakpastian dampak pandemi terhadap UMKM, perempuan pengusaha menunjukkan ketangguhan. 

Riset United Nations Development Programme (UNDP) tentang dampak pandemi terhadap UMKM di Indonesia menemukan, usaha yang dikelola perempuan lebih mampu bertahan dibandingkan laki-laki.

“Ketangguhan ini ditunjukkan melalui adaptasi UMKM perempuan yang memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana distribusi utama," jelas Wamendag Jerry. 

Sebagai informasi, ekonomi Indonesia tumbuh positif sebesar 5,72 persen year- on-year pada kuartal III-2022 di tengah ketidakpastian pertumbuhan ekonomi global. 

Dalam perdagangan dalam negeri, UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia. Hampir 99,9 persen pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM. 

Pada 2021, kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 60,5 persen sedangkan kontribusinya terhadap ekspor nonmigas mencapai 14,3 persen.

Ketahanan ekonomi dan perdagangan Indonesia ditopang pertumbuhan ekspor yang tumbuh 30,97 persen YoY pada Januari--Oktober 2022.

 

Pertumbuhan ini juga membawa surplus neraca perdagangan selama 30 bulan sejak Mei 2020. Neraca perdagangan Indonesia mencatat surplus USD 45,52 miliar atau menjadi yang tertinggi dalam sejarah.

Tags : Pengusaha Perempuan , UMKM

Berita Terkait