Pemerintah Waspadai Kualitas Cabai di Musim Penghujan

| Senin, 26/12/2022 20:17 WIB
Pemerintah Waspadai Kualitas Cabai di Musim Penghujan Produksi Cabai diprediksi Surplus (Foto: Halloriau)

RADARBANGSA.COM - Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto mengungkapkan pihaknya mewaspadai kualitas produksi cabai selama musim penghujan di Bulan Desember ini.

Prihasto menjelaskan curah hujan yang cukup ekstrim dan tinggi menyebabkan kemampuan petik petani tidak maksimal dan ketahanan aneka cabai sedikit mudah rusak. 

“Seluruh jajaran tetap kami instruksikan untuk selalu bersiaga dalam menjaga distribusi dan pasokan utamanya di daerah-daerah yang mengalami defisit atau bukan menjadi sentra penghasil," ungkap Prihasto dalam keterangan tertulisnya Selasa 26 Desember 2022. 

Beberapa sentra seperti PIKJ sebagai barometer pasar nasional juga akan ditambah pasokannya setiap harinya dari mitra petani binaan Kementerian Pertanian melalui offtaker.

Dirinya menerangkan pemerintah bersama para petani cabai terus bekerja sama menjaga pasokan dan ketersediaan panenan sepanjang tahun. Tak hanya itu, bahkan telah dikelola dalam rangkaian kegiatan kawasan hingga saat perawatan hingga pasca panen. Termasuk menyiapkan jalur pemasarannya.

 

Tags : cabai , hujan , hujan rawit

Berita Terkait