Kurs Rupiah Tetap Menguat Meski Pengetatan Moneter Berlanjut

| Kamis, 23/02/2023 11:43 WIB
Kurs Rupiah Tetap Menguat Meski Pengetatan Moneter Berlanjut Karyawan Bank Tunjukkan Uang Pecahan Rupiah Rp50.000 dan Rp100.000 (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kenaikan suku bunga lanjutan The Federal Reserve tidak meredupkan prospek mata uang Asia khususnya Rupiah.

Mengutip data Bloomberg, Kamis pukul 11.37 WIB, kurs rupiah tengah diperdagangkan pada level Rp15.187 per dolar AS, masih menguat 12,5 poin atau 0,08% apabila dibandingkan dengan posisi penutupan pasar spot Jumat di level Rp15.200 per dolar AS.

Penguatan rupiah di saat yang sama juga bersamaan dengan pelemahan Indeks Dolar (Indeks DXY) turun tipis ke posisi 104,356.

Melansir Reuters, Pejabat The Federal Reserve mendorong pengetatan kebijakan moneter lebih banyak sampai ada lebih banyak tanda-tanda perlambatan inflasi Amerika Serikat. Beberapa pejabat the mendukung penguatan suku bunga acuan yang lebih tinggi hingga mencapai level puncak yang dipertahankan. Demikianlah isi notulen rapat Fed pada 31 Januari - 1 Februari lalu yang diumumkan tadi malam.

Pasar uang memperkirakan the Fed akan menaikkan suku bunga acuan di atas 5% pada Mei, dengan puncak suku bunga terlihat di level 5,3% pada Juli.

Perhatian investor akan tertuju pada ukuran inflasi yang disukai Fed, data pengeluaran konsumsi pribadi Amerika periode Januari, yang akan dirilis pekan ini untuk petunjuk inflasi.

Tags : Rupiah , Kurs