Tesla dan Meksiko Dekati Kesepakatan Investasi

| Selasa, 28/02/2023 17:01 WIB
Tesla dan Meksiko Dekati Kesepakatan Investasi Tesla (Doc: Gizmochina)

RADARBANGSA.COM - Meksiko dan Tesla Inc hampir mengumumkan kesepakatan investasi setelah Presiden Andres Manuel Lopez Obrador dan Kepala Eksekutif Tesla Elon Musk berbicara pada Senin, 27 Februari 2023.

Melansir Reuters, Lopez Obrador sebelumnya mengungkapkan dia akan berbicara dengan "pemilik" Tesla, yang dikonfirmasi oleh para pejabat berarti Musk.

Salah satu pejabat mengatakan kedua belah pihak "90 persen" menuju kesepakatan. 

"Panggilan itu berjalan dengan sangat baik," kata seorang pejabat Meksiko ketiga.

Seorang pejabat Meksiko keempat mengatakan rincian kesepakatan antara Meksiko dan Tesla akan diungkapkan pada hari Selasa.

Panggilan itu diumumkan setelah Lopez Obrador mengatakan pada hari Jumat bahwa Tesla akan ditolak izinnya untuk membangun pabrik di negara bagian utara Nuevo Leon, di mana perusahaan telah mempertimbangkan untuk berinvestasi, jika air langka di wilayah gersang.

Diskusi seputar Tesla telah menjadi ujian besar apakah Lopez Obrador dapat menetapkan persyaratan untuk investasi besar di Meksiko dalam mengejar kebijakan nasionalisme sumber daya yang terus menimbulkan keraguan di antara kelompok bisnis.

Sebelumnya ada kekhawatirannya atas pasokan air bisa menjadi pemecah kesepakatan untuk rencana Tesla di Nuevo Leon, yang mana wilayah ini dikelola oposisi di perbatasan AS-Meksiko.

Tags : Tesla , Kendaraan Listrik

Berita Terkait