Rupiah Menguat Tipis di Tengah Keputusan Suku Bunga AS

| Senin, 06/03/2023 14:17 WIB
Rupiah Menguat Tipis di Tengah Keputusan Suku Bunga AS Karyawan Bank Tunjukkan Uang Pecahan Rupiah Rp50.000 dan Rp100.000 (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kurs rupiah menguat tipis di detik - detik terakhir penutupan pasar meski investor mewaspadai beberapa event dan data ekonomi AS yang akan keluar dalam pekan ini.

Mengutip data Bloomberg, Senin 6 Maret 2023 pukul 14.14 WIB, kurs rupiah tengah diperdagangkan pada level Rp15.301 per dolar AS, menguat tipis apabila dibandingkan dengan posisi penutupan pasar spot Jumat silam di level Rp15.310 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra mengatakan bahwa pergerakan rupiah vs dolar AS masih dibayangi oleh ekspektasi kenaikan suku bunga acuan yang agresif.

"Pekan ini beberapa event dan data ekonomi AS ditunggu pelaku pasar untuk menentukan persepsi pasar terhadap kebijakan the Fed di pekan depan yaitu Dengar Pendapat antara Gubernur The Fed Jerome Powell di Kongres AS di hari Selasa besok dan Rabu malam serta rilis data tenaga kerja AS bulan Februari yang dimulai di hari Rabu hingga Jumat," kata Ariston dalam keterangan tertulis, siang hari ini.

Meskipun pada perdagangan Jumat lalu kemarin dolar bergerak melemah terhadap mata uang utama dunia. Tapi sejauh ini ekspektasi terhadap suku bunga acuan AS tersebut masih memberikan tekanan ke rupiah dan mungkin bisa berlanjut hari ini.

"Rupiah berpotensi melemah ke kisaran Rp15.330 per dolar AS dengan support di kisaran Rp15.280 per dolar AS," tutup Ariston.(Adhitya)

 

Tags : Rupiah , Kurs , Dolar