Bank Silicon Valley Kolaps, Pasar AS Dilanda Kepanikan

| Senin, 13/03/2023 14:58 WIB
Bank Silicon Valley Kolaps, Pasar AS Dilanda Kepanikan Bank Sillicon Valley (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kejatuhan salah satu bank besar di AS, Silicon Valley Bank, menjadi kekhawatiran pelaku pasar keuangan global saat ini.

Saat ini pasar masih mencermati peristiwa ini apakah akan berdampak buruk ke perekonomian dan sistem keuangan global. 

"Kekhawatiran ini mendorong pelaku pasar keluar dari aset berisiko seperti rupiah. Sebaliknya harga emas spot sebagai aset aman terlihat menguat," kata Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra seperti dikutip, Senin 13 Maret 2023.

Peristiwa ini memicu ekspektasi di pasar bahwa the Fed mungkin tidak akan menambah beban perekonomian AS dengan menaikan suku bunga lebih agresif pada rapat pekan depan. 

“Ini bisa mendorong pelemahan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya," ujar Ariston. 

SebelumnyabSVB dinyatakan bangkrut pada Jumat pagi waktu AS. Kronologi runtuhnya bank pemberi modal startup itu terjadi usai perusahaan 48 jam mengalami krisis modal.

Regulator California akhirnya menutup bank ini dan menempatkan di bawah kendali Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) sebagai pihak yang melikuidasi aset-aset bank untuk membayar dana nasabah.

Sinyal runtuhnya perusahaan mulai terlihat pada Rabu 8 Maret 2023 ketika SVB mengumumkan mereka telah menjual banyak sekuritas yang merugi. Setidaknya ada US2,5 miliar atau senilai Rp38 triliun saham baru untuk menopang neraca keuangan.

Hal ini memicu kepanikan di antara pemodal perusahaan ventura utama. Dilaporkan perusahaan pemodal ke bank tersebut melakukan penarikan dana dari SVB.

Esok harinya, pada Kamis nilai saham perusahaan pun jatuh, menyeret bank-bank lain untuk ikut jatuh. Lalu pada Jumat pagi, saham SVB dihentikan dan perusahaan ini meninggalkan upaya untuk meningkatkan modal atau mencari pembeli.

Beberapa saham bank lain juga dihentikan sementara pada Jumat lalu, imbas penghentian jualan dari SVB seperti pada First Republic, PacWest Bancorp dan Signature Bank

Tags : Investor , AS , Silicon Valley

Berita Terkait