Inflasi Turun di Bulan Ramadhan

| Selasa, 04/04/2023 15:32 WIB
Inflasi Turun di Bulan Ramadhan Beras Impor di salah satu gudang Perum Bulog. (Foto: klikpositifcom)

RADARBANGSA.COM - Laju inflasi saat Ramadhan atau tepatnya pada Maret 2023 dinyatakan hanya mencapai 4,97% (yoy). Angka itu menurun cukup signifikan dari bulan Februari yang tercatat sebesar 5,47% (yoy).

Kementerian Keuangan mencatat, salah satu pemicu turunnya Inflasi para Maret adalah turunnya harga kelompok pangan dari 7,62% (yoy) menjadi 5,83% (yoy) pada Maret 2023. 

Meskipun demikian, secara bulan ke bulan, terjadi sedikit kenaikan harga pada beberapa komoditas pangan menjelang Ramadan seiring naiknya permintaan.

Selain dari sisi pangan, perlambatan inflasi secara umum juga didorong oleh melambatnya komponen inflasi inti, yaitu sebesar 2,94% (yoy), lebih rendah dari inflasi inti Februari (3,09%). Perlambatan terjadi hampir di semua kelompok barang dan jasa seiring menurunnya tekanan harga komoditas global.

Inflasi kelompok harga diatur pemerintah (administered price) juga tercatat 11,56% (yoy), melambat dari bulan Februari yang mencapai 12,24% (yoy), di antaranya dipengaruhi oleh penurunan tarif air PAM. 

Meskipun demikian, pemerintah juga mengantisipasi risiko kenaikan harga minyak global dalam beberapa hari terakhir akibat kebijakan OPEC+ yang berencana untuk memangkas produksinya.

Tags : Inflasi Maret , Inflasi Ramadhan

Berita Terkait