Permintaan Pembiayaan Korporasi Turun Pada April 2023

| Senin, 22/05/2023 11:03 WIB
Permintaan Pembiayaan Korporasi Turun Pada April 2023 Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) menyatakan permintaan pembiayaan korporasi pada April 2023 mengalami penurunan. Hal tersebut tecermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 19,8% lebih rendah dari SBT 24% pada Maret 2023.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menjelaskan mayoritas pembiayaan bersumber dari dana sendiri. Kemudian pembiayaan dari pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik yang meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. 

"Sementara itu, permintaan pembiayaan yang bersumber dari perbankan dalam negeri terindikasi melambat," ujar Erwin dalam keterangannya, Senin 22 Mei 2023.

Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada April 2023 juga terindikasi tumbuh terbatas. SBT penyaluran kredit baru pada April 2023 tercatat sebesar 68,9% atau tumbuh positif meski tidak setinggi SBT pada bulan sebelumnya sebesar 94,6%. 

Faktor utama yang memengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain. Sementara itu, untuk keseluruhan triwulan II 2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan diprakirakan meningkat.

Di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru terindikasi melambat pada April 2023. Mayoritas rumah tangga mengajukan jenis pembiayaan berupa Kredit Multi Guna dan memilih bank umum sebagai sumber utama penambahan pembiayaan. 

"Adapun sumber pembiayaan lainnya yang menjadi preferensi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing," ulasnya. 

Tags : Pembiayaan , BI