Inflasi Sesuai Target, Suku Bunga BI Diperkirakan Tetap Hingga Akhir Tahun

| Selasa, 06/06/2023 08:53 WIB
Inflasi Sesuai Target, Suku Bunga BI Diperkirakan Tetap Hingga Akhir Tahun Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuannya 5,75% hingga akhir tahun 2023.

Salah satu pemicunya adalah tren inflasi Indonesia yang semakin melandai, khususnya inflasi Mei 2023 yang sesuai dengan ekspektasi yaitu 0,09 persen secara bulanan dan 4,00 persen secara tahunan

Macroeconomic Analys, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN), Irman Faiz menilai capaian ini menandai bahwa inflasi Indonesia telah kembali ke target batas atas.

"Kami mempertahankan perkiraan kami sebesar 3,8% yoy untuk inflasi nasional pada akhir tahun," kata Irman dalam keterangan tertulis, Senin 5 Juni 2023.

Risiko tetap seimbang antara penurunan harga pangan global dan harga minyak yang lebih tinggi karena pengurangan produksi oleh OPEC+. 

Stabilitas inflasi dunia diperkirakan mulai  membaik pada Semester II-2023. 

Inflasi utama kembali ke target batas atas BI sebesar 4,0% yoy pada Mei-23 (setara dengan 0,1% mom), dari 4,3% yoy pada Apr-23 (setara dengan 0,3% mom). 

"Disinflasi berbasis luas di seluruh segmen," ujar Irman. 

Inflasi bahan makanan yang bergejolak melambat menjadi 3,3% yoy dari 3,7% yoy, karena musim panen yang sukses berlanjut di tengah cuaca yang baik. Komponen yang terpantau ketat, inflasi inti, juga menurun dari 2,8% yoy menjadi 2,7% yoy, didorong oleh harga pakaian jadi serta deflasi informasi dan komunikasi

Tags : Suku Bunga , BI

Berita Terkait