Perbaikan Jalan Rusak Daerah Dimulai Juli 2023, PUPR Siapkan Anggaran Rp14,6 triliun

| Rabu, 07/06/2023 20:50 WIB
Perbaikan Jalan Rusak Daerah Dimulai Juli 2023, PUPR Siapkan Anggaran Rp14,6 triliun Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). (Foto: PUPR RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan perbaikan jalan rusak daerah akan mulai dilakukan pada bulan Juli mendatang. Untuk itu, PUPR menyiapkan anggaran untuk perbaikan jalan daerah tahap pertama sebesar Rp14,6 triliun.

Dipaparkannya, anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk menangani perbaikan jalan di 32 provinsi pada 573 ruas jalan dengan total panjang 2.873 km. Selain itu juga digunakan untuk penanganan jembatan sepanjang 2.363 meter.

"Ini yang baru kamu usulkan tanggal 5 Juni kemarin. Sekarang sudah di Kementerian Keuangan, saya mohon agar ini bisa selesai dokumen Anggarannya bulan ini juga, dua Minggu ini, supaya kami bisa melakukan pengadaannya baik melalui lelang maupun e-katalog, sehingga target bulan Juli kita mulai," ujar Menteri Basuki di Gedung DPR RI, Rabu, 7 Juni 2023.

Menteri Basuki mengatakan perbaikan jalan daerah itu sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah yang telah dikeluarkan oleh Presiden pada Maret 2023. Inpres Jalan Daerah bertujuan menangani jalan-jalan non nasional yang rusak dan menigkatkan kemantapan jalan daerah di seluruh Indonesia melalui bantuan APBN.

"Tahun 2022 dialokasikan Rp32,7 triliun, tapi kita kan tidak bisa mengusulkan langsung sebesar Rp32,7, tetapi dengan Bappenas kita sudah membuat prioritas, pertama yang sudah saya usulkan ke Kementerian Keuangan itu Rp14,6 triliun," terangnya.

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, saat ini kondisi kemantapan jalan nasional sekitar 92%, jalan provinsi 72%, sedangkan kondisi kemantapan jalan kabupaten hanya 60%. Kondisi ini diperparah ketika terjadinya pandemi COVID-19, yang membuat anggaran di daerah dialokasikan untuk penanganan pandemi.

"Sambil yang kita usulkan ini, kita juga bekerja lagi untuk membuat prioritas-prioritas lainnya, termasuk yang dikunjungi Presiden," imbuhnya.

Tags : PUPR , APBN , Jalan Rusak , Daerah , Infrastruktur