Penyaluran Kredit Baru Naik di Kuartal IV 2023

| Selasa, 23/01/2024 11:03 WIB
Penyaluran Kredit Baru Naik di Kuartal IV 2023 Mata uang Rupiah. (Foto: industrycoid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) menyatakan penyaluran kredit baru pada triwulan IV 2023 meningkat yang tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 96,1 persen atau lebih tinggi dibandingkan 95,4 persen pada triwulan sebelumnya.

Asisten Gubernur BI, Erwin Haryono mengatakan peningkatan tersebut terjadi terutama pada kredit investasi dan kredit modal kerja. Pada triwulan I 2024, penyaluran kredit baru diperkirakan melambat dengan SBT penyaluran kredit baru sebesar 44,6 persen 

"Standar penyaluran kredit pada triwulan IV 2023 sedikit lebih ketat dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) positif sebesar 0,3 persen," ujar Erwin dalam keterangannya, Selasa 23 Januari 2024.

Kebijakan penyaluran kredit diperkirakan lebih ketat antara lain pada aspek agunan, plafon kredit, dan persyaratan administrasi. Di sisi lain, suku bunga kredit dan biaya persetujuan kredit diprakirakan tetap longgar.

"Untuk pertumbuhan kredit secara full year tahun 2024 sebesar 10,8 persen (yoy). Optimisme tersebut antara lain didorong oleh prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan serta relatif terjaganya risiko penyaluran kredit," ulasnya. 

 

Tags : Penyaluran Kredit , Kredit Baru

Berita Terkait