Kurs Rupiah Drop Menanti Data Ekonomi AS

| Kamis, 25/04/2024 16:27 WIB
Kurs Rupiah Drop Menanti Data Ekonomi AS Karyawan Bank Tunjukkan Uang Pecahan Rupiah Rp50.000 dan Rp100.000 (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kurs rupiah ditutup melemah terhadap dolar, karena pelaku pasar sedang mewaspadai data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat kuartal I 2024 yang akan dipublikasikan nanti malam WIB. 

Mengutip data Bloomberg pada Kamis 25 April 2024 pukul 15.00 WIB, kurs rupiah akhirnya ditutup di level Rp16.187 per dolar AS, melemah 32 poin atau 0,20% dibandingkan Rabu sore 24 April 2024 di level Rp16.155 per dolar AS.

Direktur PT. Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi, mengatakan bahwa indeks dolar AS menguat hari ini. "Greenback tetap mendekati level tertinggi lima bulan yang dicapai minggu lalu, karena para pedagang terus mengabaikan ekspektasi penurunan suku bunga lebih awal oleh Federal Reserve," kata Ibrahim dalam keterangan tertulis, Kamis 25 April 2024.

Data ekonomi yang dirilis minggu ini ditetapkan untuk memberikan lebih banyak isyarat mengenai jalur suku bunga. "Data produk domestik bruto AS kuartal I yang akan dirilis pada hari Kamis malam diperkirakan menunjukkan kondisi ekonomi terbesar di dunia ini tetap tangguh pada awal tahun 2024," ujar Ibrahim. 

Yang lebih diawasi adalah data indeks harga PCE ukuran inflasi pilihan The Fed yang akan dirilis pada hari Jumat besok. Data indeks harga PCE yang merupakan ukuran inflasi pilihan Federal Reserve kemungkinan akan memiliki dampak yang lebih besar, mengingat data tersebut terkait langsung dengan prospek bank sentral mengenai suku bunga.

Selain itu, pertemuan BOJ mendatang menjadi fokus utama. Bank sentral diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada hari Jumat, menyusul kenaikan suku bunga bersejarah pada bulan Maret. 

Tags : Rupiah , Dolar , AS