Jangan Sampai Salah! Ini Sebutan 10 Fandom Grup Kpop

| Selasa, 07/09/2021 19:10 WIB
 Jangan Sampai Salah! Ini Sebutan 10 Fandom Grup Kpop Grupband Twice (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Apakah kamu pernah bingung membedakan nama – nama fandom k-pop di media sosial? Yup setiap grup kpop pasti memberikan sebutan khusus bagi fandom mereka. Nama yang mereka berikan ini juga memiliki arti loh.  

Untuk memudahkan kamu, kami telah merangkum 11 Fandom Grup Kpop yang sekarang sedang santer – santernya beredar, yuk langsung saja kita lihat

 

BTS – ARMY (HYBE Entertainment)

Siapa sih yang tidak kenal BTS? Grup Male Kpop ini sukses menarik perhatian kalangan muda di seluruh dunia. Mereka juga dikenal sebagai Bangtan Boys. Mereka memulai debutnya pada tahun 2013 dan beranggotakan tujuh anggota.

BTS menamai nama penggemarnya Arm. Army adalah singkatan dari “Adorable Representative MC for Youth,”. Army sendiri memiliki filosofi militer, pelindung tubuh, dan kebersamaan yang kompak.

 

BLACKPINK – BLINK (YG Entertainment)

BLACKPINK mungkin adalah Grup Female Terdahsyat yang pernah hadir dalam dekade ini. Bagaimana tidak, BLACPINK sempat menjadi grup Grup Female pertama dan satu-satunya yang memasuki dan memuncaki tangga lagu Emerging Artists Billboard.

BLACPINK sendiri mulai debut pada Agustus 2016. Mereka menamai fandomnya dengan sebutan BLINK yang merupakan kombinasi dari kata “bl / ack” dan “p / ink”.

 

EXO – EXO-L (SM Entertainment)

EXO juga tidak kalah tenar dengan BTS dan BLACKPINK. Boy Band yang lahir dibawah naungan SM entertainment ini debut dengan 12 anggota. Musik EXO masuk ke aliran seperti pop, hip-hop dan R&b dan juga aliran electronic dance music seperti house, trap, dan synth-pop.

Exo juga merilis dan membawakan musik dalam Bahasa Korea, Mandarin dan Bahasa Jepang. Grup ini menempati posisi lima besar sebagai selebritas paling berpengaruh dalam daftar Forbes Korea Power Celebrity tiap tahun dari 2014 sampai 2018.

Adapun nama fandom kpop dari boy band EXO adalah EXO-L. Hurf L berarti ‘love’ atau ‘cinta’. Artinya, EXO akan selamanya mencintai fandom mereka.

 

TWICE – ONCE (JYP Entertainment)

Nama fandom berikutnya dari TWICE. Mereka menamai fandomnya dengan ONCE. Ini ibarat penggemar hanya mencintai grup kpop sekali saja (once) dan twice akan membalas dua kali (twice) cinta mereka!

Twice sendiri merupakan salah satu female grup kpop terhits di beberapa tahun ini. Mereka mulai meraih ketenaran pada tahun 2016 dengan lagu "Cheer Up" yang kemudian memuncaki peringkat pertama pada Gaon Digital Chart dan menjadi singel terlaris pada tahun tersebut.

Twice juga memenangkan "Song of the Year" pada acara penghargaan Melon Music Awards dan Mnet Music Awards.

 

Gfriend – Buddy (Source Entertainment)

Selanjutnya dari girl band Gfriend. Gfriend memang datang dari agensi kecil, tidak seperti SM, YG, dan JYP, agensi mereka adalah Source Music. Namun meski agensi mereka tidak setenar yang lainnya, Anggota Gfriend cukup bertalenta loh.

Mereka sendiri menamai nama penggemar mereka Buddy.  Buddy artinya pendamping ataupun teman. Gfriend akan menganggap penggemar mereka sebagai seorang teman.

 

SUJU – E.L.F (SM Entertainment)

Super Junior (Suju)? Siapa sih yang enggak tau? Kalau tidak tahu berarti kalian bukan Generasi 90 an nih!? Suju adalah Grup Male Legend yang bernaung di bawah SM Entertainment.

Suju pertama kali debut pada 2005. Mereka juga artis K-pop terlaris selama empat tahun berturut-turut. Pada tahun 2012, mereka masuk nominasi "Best Asian Act" di MTV European Music Awards. Pada tahun 2015, mereka memenangkan "International Artist" dan "Best Fandom" di Teen Choice Awards.

Suju menamani fandomnya E.L.F yang merupakan singkatan dari Ever Lasting Friend. Mereka akan selalu menganggap penggemarnya sebagai sahabat sendiri!

 

SNSD – SONE (SM Entertainment)

SNSD atau Girls Generation adalah salah satu Girl Band yang mencatatkan sejarah. Mereka seperti panutan dari seluruh generasi kpop terbaru saat ini.

SNSD meraih ketenaran pada 2009 lewat singel "Gee" yang kemudian dinamai sebagai Song of the Decade di Korea Selatan. Namun sayangnya kini beberapa dari Member SNSD tidak melanjutkan kotraknya, sehingga SNSD terpaksa tidak bisa kembali beranggotakan 9 orang.

Adapun sebutan fans mereka adalah SONE.  SONE berasal dari kata Korea SOWON, yang artinya “Wish” (Keinginan).

 

SHINEE – SHAWOL (SM Entertainment)

Masih belum beralih dari SM entertainment, kali ini ada Shinee, Junior dari SUJU. Mereka sukses besar saat merilis lagu “Ring Ding Dong“, “Sherlock”, dan “Lucifer”.

Nama fandom Shinee adalah “Shawol” yang jika dilihat dari huruf hangeul adalah gabungan dari kata “SHINee World”: “sha-i-ni” + “wol-deu”.

 

Red Velvet – Reveluv (SM Entertainment)

Red Velvet memang junior dari SNSD. Cepat atau lambat mereka akan melangkah seperti para tetuany. Red Velvet juga cukup lincah melangkah di industri music. Beranggotakan lima member yaitu Yerin, Wendy, Irene, Seulgi dan Joy mereka sukses besar menggaet kalangan muda di mancanegara.

Adapun nama fandom dari Red Velvet adalah ReVeluv. Reveluv merupakan  singkatan dari Red Velvet Luv yang berarti penggemar mencintai mereka. ‘Reve’ juga berarti ‘mimpi’ dalam bahasa Prancis,  penggemar membantu impian Red Velvet menjadi kenyataan.

 

ITZY – MIDZY (JYP Entertainnment)

Terakhir, adalah girl band da JYP Entertainment, mereka adalah ITZY. ITZY mencapai momentum ketenarannya saat debut Februari 2019. Sebagai junior Twice, ITZY juga dipercayakan akan mewarisi kepopuleran Twice.

Adapun nama fandom ITZY adalah MIDZY. Nama ini berasal dari kata Korea 믿어, yang berarti percaya. Artinya, para penggemar memercayai ITZY dan ITZY memercayai para penggemar sebagai balasannya.

Tags : Fandom Kpop , SNSD , BLACKPINK

Foto Terkait