Jangan Asal, Begini Tahapan dan Cara Menyikat Gigi yang Benar

| Kamis, 18/11/2021 23:05 WIB
Jangan Asal, Begini Tahapan dan Cara Menyikat Gigi yang Benar Ilustrasi sikat gigi. (Foto: klikdoktercom)

RADARBANGSA.COM - Kesehatan gigi dan mulut sangat penting agar tidak menimbulkan penyakit serta bau mulut. Salah satu caranya adalah dengan menyikat gigi yang benar dan disiplin.

Menyikat gigi dengan teknik yang benar dapat memutus mata rantai penyebab karies dan beragam penyakit lainnya. Bahkan, kesehatan gigi juga berkaitan dengan kesehatan jantung.

DIlansir dari cnnindonesia.com, berikut tahapan menggosok gigi yang benar, antara lain:

  1. Letakkan pasta gigi seukuran kacang polong di atas permukaan bulu sikat, mengutip Healthline. Mulai menyikat gigi dengan meletakkan bulu sikat pada gigi bagian depan dengan posisi membentuk sudut 45 derajat dengan gerakan melingkar.
  2. Lanjutkan di permukaan depan gigi taring hingga ke bagian dalam sisi kanan dan kiri.
  3. Kemudian sikat gigi geraham di salah satu sisi mulut satu per satu baik geraham atas dan bawah sisi kiri maupun kanan. Sikat selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian.
  4. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, baik permukaan depan serta dalam dengan membalik posisi sikat agar tidak ada sisa makanan yang menempel di gigi.
  5. Sikat juga lidah saat semua bagian gigi selesai disikat untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Menyikat lidah dapat menggunakan bulu sikat atau bagian belakang kepala sikat yang bergelombang jika ada. Sikat lidah Anda sejauh yang bisa dijangkau untuk mengangkat bakteri yang bersarang.
  6. Selain lidah, sikat gusi dengan lembut dan perlahan. Menyikat gusi juga dapat mencegah penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis.
  7. Jangan menyikat gigi terlalu keras atau terlalu memberi tekanan pada gigi. Menyikat gigi dengan terlalu keras tidak akan membantu membersihkan gigi lebih baik. Justru, dapat menyebabkan permukaan luar gigi (enamel) terkikis dan mengakibatkan gigi sensitif.
  8. Ludahkan air liur yang bercampur dengan sisa pasta gigi. Akhiri dengan berkumur sekali saja untuk membilas.

Seluruh proses cara menyikat gigi yang benar ini idealnya sekitar 2 menit. Biasakan menyikat gigi dengan cermat dan tak perlu terburu-buru supaya gigi dan mulut benar-benar bersih.

Tags : Sikat Gigi , Kesehatan , Tips

Foto Terkait