Catat! Berikut Tips Berkendara Mobil Saat Hujan Deras dan Angin Kencang

| Jum'at, 26/11/2021 23:10 WIB
Catat! Berikut Tips Berkendara Mobil Saat Hujan Deras dan Angin Kencang Sejumlah pohon tumbang akibat hujan deras dan angin puting beliung di sumenep (doc. istimewa)

RADARBANGSA.COM - Hujan dengan intensitas tinggi serta angin kencang mulai terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Karena itu, penting diketahui bagi para pengendara khususnya pengendara mobil agar tetap aman dan nyaman selama diperjalanan pada kondisi tersebut.

Dilansir dari detik.com, ada 7 langkah antisipasi agar terhindar dari bahaya saat berkendara di kondisi hujan deras dan angin kencang, antara lain:

1. Pantau Kondisi Cuaca Aktual

Kamu bisa memantau perkembangan cuaca dari smartphone. Bila ada potensi hujan lebat atau angin kencang, lebih baik tunda perjalanan. Kalau tetap harus berkendara, atur waktu yang paling aman, seperti tunggu hingga angin kencang reda. Manfaatkan peta digital untuk memilih rute yang paling aman dari potensi macet. Pantau pula kanal social media akun resmi polisi yang sering memberikan info terkini lalu lintas dan cuaca.

2. Segera Kurangi Kecepatan Mobil

Segera kurangi kecepatan mobil sekitar 20% atau 20-30 km/jam ketika melalui kawasan yang sedang turun hujan, apalagi jika disertai angin kencang yang bisa menyulitkan dalam memantau kondisi sekitar dan mengendalikan mobil.

3. Fokus dan Waspada Saat Mengemudi

Jangan mengalihkan perhatian seperti bermain ponsel dan fokus hanya pada mengemudi mobil. Hati-hati dalam manuver sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

4. Jaga Jarak Aman di Jalan

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika pengguna jalan lain melakukan pengereman kendaraan secara mendadak.

5. Pastikan Fitur Mobil Bekerja dengan Baik

Selain ban dan rem, fitur atau perangkat lain yang harus diperhatikan di antaranya adalah wiper, lampu, AC, hingga aki mobil. Pastikan kondisinya dengan melakukan servis berkala di bengkel-bengkel favorit kamu.

6. Hindari Pohon atau Obyek Besar Tumbang

Kalau tiba-tiba di depan kamu ada obyek seperti pohon yang tumbang akibat angin kencang, perhatikan arah jatuh dari obyek tersebut. Bila jatuhnya tidak mengarah ke mobil atau jalur jalan yang dilalui, cukup angkat kaki dari pedal gas sembari waspada kondisi sekeliling mobil. Tidak perlu manuver menghindar atau mengerem mendadak bila tidak diperlukan.

7. Langkah Darurat Saat Gagal Menghindar

Bila terkena obyek besar yang terlempar atau tumbang akibat angin kencang, pastikan semua penumpang tidak mengalami cidera. Selamatkan barang pribadi seperti dompet atau ponsel, dan jangan memaksakan menyelamatkan barang lain seperti tas di bagasi. Segera keluar mengingat potensi bahaya masih ada. Seperti pohon lain tumbang, aliran listrik yang menimpa mobil, atau risiko kena tabrak mobil lain dari belakang.

Tags : Hujan Deras , Angin Kencang , Mobil , Tips

Foto Terkait