Catat! Ini Jenis Buah yang Paling Ampuh Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

| Kamis, 19/01/2023 22:45 WIB
Catat! Ini Jenis Buah yang Paling Ampuh Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi Buah Tomat. (Foto: alodoktercom)

RADARBANGSA.COM - Bagi Anda yang mengalami kolesterol tinggi, dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak cairan. 

Melansir dari website Promkes laman Kementerian Kesehatan dan sumber lainnya, ada enam buah-buahan yang dinilai mampu menurunkan kadar kolesterol secara alami.

1. Tomat

Buah kedua yaitu tomat yang masuk dalam daftar buah-buahan penurun kolesterol yang paling ampuh. Bahkan, riset dari jurnal Maturitas menyebutkan, tomat sudah dimasak hampir sama berkhasiat dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung).

Kandungan dalam tomat ada kopen merupakan antioksidan penting yang berfungsi untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

2. Jeruk nipis

Buah ketiga yang mampu menurunkan kolesterol, karena kandungan senyawa flavanoid dalam jeruk nipis berkhasiat untuk menurunkan tingkat produksi kolesterol LDL.

Jeruk nipis juga akan mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Selain jeruk nipis, flavonoid ini sebenarnya juga banyak ditemui pada kedelai, tomat, teh, delima, brokoli, serta bawang merah dan bawang bombay.

3. Semangka

Buah rasa manis dan banyak air ini, selain ampuh menghilangkan dahaga seketika, ternyata semangka juga termasuk dalam keluarga buah-buahan penurun kolesterol. Pasalnya, semangka juga mengandung likopen, sama halnya dengan tomat bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

4. Alpukat

Buah pertama yang mampu menurunkan kadar kolesterol, mengandung lemak yang menyehatkan. Lemak tak jenuh dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolesterol jahat (LDL /low density lipoprotein).

Selain itu, alpukat juga berkhasiat untuk menjaga pembuluh darah, alpukat sangat dianjurkan karena mengandung banyak serat dan omega-9. Omega-9 dan serat inilah mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap rendah.

5. Apel

Ternyata buah yang cenderung memiliki rasa asam ini, juga mampu menurunkan kolesterol, serta mencegah arteri mengeras. Kemudian, apel juga bisa melindungi tubuh terhadap risiko serangan jantung dan stroke.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, apel juga bisa dibuat cuka. Secara rutin mengonsumsi cuka apel akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Tags : Kolesterol , Semangka , Apel , Alpukat , Tomat