Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap Setelah Makan Jengkol

| Kamis, 14/12/2023 22:50 WIB
Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap Setelah Makan Jengkol Jengkol. (Foto: Halodoc)

RADARBANGSA.COM - Jengkol merupakan salah satu suku polong-polongan yang dikenal dan disukai masyarakat. Karena ditemui hampir di berbagai menu makanan, mulai dari semur hingga yang dilalap begitu saja.

Namun, dengan rasanya yang khas, seringkali makanan satu ini kerap dihindari karena aromanya yang kuat. Nah, bagi Anda yang penasaran ingin mencoba makanan satu ini, namun ragu karena aromanya yang menyengat mungkin Anda bisa mencoba untuk mengolahnya sendiri.

Berikut tips menghilangkan bau tak sedap setelah makan Jengkol yang dirangkum dari berbagai sumber, antara lain:

1. Rendam dalam Air Garam

Kupas dan bersihkan jengkol dengan benar, lalu Rendam jengkol dalam air garam selama beberapa jam sebelum dimasak. Garam dapat membantu mengurangi bau yang tidak diinginkan.

2. Rebus dengan Daun Salam

Masukkan daun salam saat merebus jengkol. Aroma daun salam dapat membantu menetralisir bau jengkol yang kuat.

3. Rebus dengan daun jeruk

Sama halnya seperti daun salam, daun jeruk juga membantu mengurangi bau yang berlebihan dari jengkol. Disarankan agar jengkol dikupas terlebih dahulu dan dipotong-potong ketika akan direbus agar baunya hilang lebih banyak.

4. Gunakan Bahan Penghilang Bau Alami

Tambahkan bahan alami seperti jahe, serai, atau lengkuas saat memasak jengkol. Bahan-bahan ini dapat memberikan aroma yang menyegarkan.

5. Rendam dalam Air Asam

Rendam jengkol dalam air asam, seperti air jeruk nipis atau cuka, sebelum dimasak. Asam dapat membantu mengurangi bau amis pada jengkol.

6. Perebusan Berkali-kali

Rebus jengkol beberapa kali, gantilah air rebusan setiap kali. Ini membantu mengurangi kadar zat yang menyebabkan bau. Selain beberapa tips-tips di atas pastikan bahwa Anda memilih jengkol dengn kualitas yang segar, bagus, dan tua.

Tags : Jengkol , Bau Mulut , Tips

Foto Terkait