Korea Selatan akan Batasi Adegan Merokok dan Minum Alkohol di K-Drama

| Selasa, 06/02/2024 07:26 WIB
Korea Selatan akan Batasi Adegan Merokok dan Minum Alkohol di K-Drama Suzy di Serial Netflix "Doona" (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pada tanggal 4 Februari, Herald Corporation melaporkan bahwa Netflix dan layanan streaming video online (OTT) lainnya TENGAH menghadapi kritik karena mengekspos adegan merokok tanpa batas yang bisa mempengaruhi remaja untuk merokok.

Pemerintah Korea Selatan bermaksud menyarankan pembatasan penggambaran adegan merokok kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) .

Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan telah mengungkapkan partisipasinya dalam Konferensi ke-10 Konvensi Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau WHO (FCTC) yang ditetapkan pada akhir bulan ini. Tujuan mereka adalah untuk mendesak negara-negara anggota agar mengadopsi langkah-langkah untuk membatasi penggambaran adegan tembakau dan merokok di platform OTT dan media lainnya.

Saat ini, dalam K-drama dan acara hiburan, adegan merokok dihilangkan atau diburamkan secara diam-diam, namun di platform OTT, adegan tersebut diekspos tanpa batasan khusus. Outlet media mengambil drama Netflix ' Doona! ' Sebagai contoh, tokoh protagonis yang diperankan oleh Suzy sering terlihat merokok untuk mencerminkan webtoon aslinya.

Sementara itu, netizen melalui bagian komentar di platform media dan membahas masalah ini dengan mengacu pada bentuk penggambaran lain di media. Banyak yang menyuarakan pendapatnya bahwa rokok cenderung memiliki reputasi yang relatif buruk di Korea jika dibandingkan dengan minuman beralkohol, penggunaan narkoba, dan kekerasan. 

Secara khusus, kelonggaran media Korea Selatan terhadap penggambaran budaya minum dan alkoholisme telah mendapat sorotan. Netizen Korea berkomentar bahwa  "jika peraturan diperlukan untuk merokok di layar, maka peraturan tersebut harus berlaku sama untuk minuman keras dan penggunaan narkoba."

Tags : Netflix , Suzy , Doona

Foto Terkait