Ponpes Attauhidiyah Tegal Resmi Jadi Wisata Religi

| Kamis, 25/01/2018 19:22 WIB
Ponpes Attauhidiyah Tegal Resmi Jadi Wisata Religi Bupati Tegal Enthus Susmono memberikan sambutan dalam acara Launching Desa Wisata Religi Giren di Ponpes Attauhidiyah, Tegal. (Foto: Twitter)

TEGAL, RADARBANGSA.COM - Pondok Pesantren Attauhidiyah Giren Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah resmi menjadi wisata religi. Pesantren asuhan KH Achmad Saidi bin Said bin Armia ini memang sudah dikenal luas hingga ke mancanegara. Bahkan Presiden RI Joko Widodo pun juga pernah melakukan Tarkhim ke pesantren tersebut Juni 2016 lalu.

Selain memiliki sejumlah situs ziarah, keberadaan Pondok Pesantren At-Tauhidiyah diharapkan mampu memperkuat wisata religi di Kabupaten Tegal melalui sejumlah agenda peribadatan rutin tahunan maupun yang bersifat khusus atau memiliki keunikan dan nilai religi tersendiri yang mungkin tidak dijumpai di tempat lain.

Pengasuh Pesantren Attauhidiyah Giren, KH Achmad Saidi menuturkan, melalui konsep pengembangan wisata religi ini pihaknya akan menghadirkan taman keilmuan, pusat kajian dan pengembangan Islam dengan melibatkan para kiai dan santri yang siap membantu masyarakat mendalami ilmu Al-Qur`an, hadits, tafsir, filsafat, dan lain sebagainya.

"Taman ilmu ini juga kami sediakan bagi mereka yang ingin belajar membaca dan menulis Al-Qur`an", katanya.

Sementara itu, Humas Pesantren At-Tauhidiyyah Ahmad Suyanto menambahkan, dengan diresmikannya desa wisata religi ini pihaknya berharap Dukuh Giren bisa menjadi Islamic Center dan pusat pendidikan keagamaan.

"Pesantren telah mempersiapkan takhasus atau kelas-kelas khusus untuk belajar agama, kemudian pelajaran dan kedisiplinan pesantren pun turut diperketat," ujarnya seperti dikutip nu.or.id, Kamis, 25 Januari 2018.

Dia menjelaskan bahwa wisata religi ini bukan seperti wisata pada umumnya, tapi lebih mengkhususkan pada pendalaman ilmu keagamaan. Selain itu, desa wisata religi Giren berlaku untuk umum dan terbuka bagi semua kalangan tanpa terkecuali.

"Wisata disini juga memiliki beberapa alternatif waktu kunjungan, antara lain malam Ahad dan malam Kamis. Kemudian bagi masyarakat yang ingin belajar lebih dalam tentang ilmu keagamaan, bisa mondok (bermukim) di pesantren", katanya.

Bupati Tegal, Enthus Susmono juga menyamaikan rasa syukur atas diresmikannnya Ponpes Attauhidiyah sebagai wisata religi. Melalui akun twitter pribadinya @EnthusSusmono, pria yang dikenal sebagai dalang wayang ini berharap kabupaten Tegal menjadi berkah.

"Alhamdulillah. Launching Desa Wisata Religi Giren Ds.kaligayam, Kec.Talang, Kab.Tegal di Ponpes At-tauhidiyah berbagai KH. Said Giren. Semoga Kabupaten Tegal berkah, rakyate bungah. Insya Allah."

Tags : Ponpes Attauhidiyah , Tegal , Wisata Religi

Berita Terkait