Kiai Ma`ruf Amin Tekankan Pentingnya Peran Ulama dan Pesantren

| Selasa, 30/10/2018 22:25 WIB
Kiai Ma`ruf Amin Tekankan Pentingnya Peran Ulama dan Pesantren KH Maruf Amin (Calon Wakil Presiden 2019). (Foto: Hafidz Mubarak)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ulama merupakan pewaris para nabi dan kehadirannya untuk memberikan pencerahan pada umat. Karena itu, perlu ada regenerasi agar ajaran Islam dapat terjaga.

Menurut Mustasyar PBNU KH. Ma`ruf Amin, ulama adalah pewaris para nabi yang melanjutkan perjuangan Rasulullah SAW. Akan tetapi, ulama tidak selamanya hidup dan pada saatnya dipanggil oleh Allah SWT.

"Karena itu perlu ada kaderisasi, ada penggantinya melalui upaya menyiapkan orang-orang yang paham agama," pesan Kiai Ma`ruf pada hadirin di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Tansel Wetan, Wonosari, Bondowoso, Jawa Timur, Selasa, 30 Oktober 2018.

Untuk itu, Kiai Ma`ruf mengajak para hadirin tetap menghormati para ulama. Karena, jelasnya, kalau tidak ada yang tersisa seorang alim pun, maka akan mengambil pemimpin dari orang bodoh.

"Dan itu bisa sesat dan menyesatkan kita semua," ucapnya.

Kiai Ma`ruf menegaskan bahwa ulama tetap harus ada dan dibentuk melalui Pondok Pesantren, disiapkan untuk meneruskan khidmat ulama.

"Dunia ini tidak boleh fakum ulama, tidak boleh fatrah ulama," tegasnya.

Ketua Umum MUI non aktif itu bersyukur karena hinggga saat ini keberadaan Pesantren masih terjaga. "Alhamdulillah para ulama kita tidak pernah melupakan itu, karena itu kita tidak akan merasa khawatir kalau nanti agama ini akan hilang karena msih banyak pondok pesantren," tuturnya.

Terakhir, Kiai Ma`ruf mengajak para kiai dan ulama agar terus mempertahankan dan mengembangkan pondok pesantren. Apalagi sedang diproses Undang-Undang tentang Pesantren.

"Agar pondok pesantren mempunyai kedudukan hukum yang tinggi, dilindungi, difasilitasi supaya lebih baik ke depannya," pungkasnya. 

Tags : KH Maruf Amin , Ulama , Pesantren

Berita Terkait