Sunah Wudu yang Sering Diabaikan

| Selasa, 02/02/2021 20:30 WIB
Sunah Wudu yang Sering Diabaikan wudu (sumber: Islam.nu.or.id)

RADARBANGSA.COM - Wudu adalah cara umat Islam untuk menyucikan diri dari hadas kecil. Terdapat enam rukun wudu yang wajib dilaksanakan termasuk niat, membasuh wajah, membasuh tangan, mengusap sebagian kepala dan membasuh kaki. Terdapat pula sunnah wudu yang sering diabaikan walaupun jika dilakukan akan menyempurnakan wudu. 

Membaca bismillah sebelum berwudu, ketika seseorang lupa membaca bismillah, maka baiknya menyusul membaca ketika teringat kembali. Sebagaimana seseorang lupa membaca bismillah ketika hendak makan. 
Mengutip NU Online, bacaan bismallah dalam wudu hukumnya sunnah muakkad. Walaupun melewatkan membaca bismillah tidak mengugurkan kesahihan berwudu, tetapi akan mengurangi nilai wudhu itu sendiri.

Sebuah hadis menerangkan:

‎ من توضأ وذكر اسم الله كان طهورا لجميع بدنه وإن لم يذكراسم الله تعالى كان طهورا لأعضاء وضوئه 

Barang siapa berwudhu dengan membaca basmallah maka sucilah seluruh anggota badannya. Dan barang siapa berwudhu tanpa membaca basmallah maka suci anggota wudhunya saja.  

Membasuh telapak tangan sebelum berwudu, kesucian telapak tangan harus diutamakan terlebih dahulu karena telapak tangan adalah tempat memindahkan air ke anggota badan ketika berwudu. Terutama ketika baru bangun tidur, karena ketika tidur tidak seorang pun tahu ke mana tangannya diarahkan dan najis apa yang telah menempel.

Hadis Rasulullah SAW menjelaskan:

‎إذا قام أحدكم من نومه فليغسل يديه قبل أن يدخلهما فى إناء ثلاثا فإنه لايدرى أين باتت يده

Apa bila seseorang bangun tidur, maka hendaklah membasuh kedua tangannya tiga kali terlebih dahulu sebelum mengambil air wudu. Karena sesungguhnya ia tidak tahu kemana tangan tersebut ia letakkan waktu ia tidur.


Kemudian memulai berwudu dengan berkumur-kumur dan menghisap air dengan hidung (istinsyaq) lalu mengeluarkannya kembali dengan secara bersungguh-sungguh, ketika sedang tidak berpuasa.

Tags : wudu , sunnah

Berita Terkait