Doa yang Tersembunyi Mudah Dikabulkan

| Selasa, 02/02/2021 21:33 WIB
Doa yang Tersembunyi Mudah Dikabulkan Ilustrasi Doa. doc. istimewa

RADARBANGSA.COM - Ketika kita beribadah memang dianjurkan untuk melakukannya secara tersembunyi, hal tersebut untuk menghindari dari sikap riya dan menunjukkan keikhlasan. Begitu pula berdoa, ketika berdoa untuk saudara sesama dan kita merahasiakan dari orang tersebut, akan mudah dikabulkan.

Beberapa alasan mengapa doa tersembunyi dikabulkan, yang pertama karena doa tersembunyi itu diamini oleh malaikat. Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam hadis Rasulullah SAW sebagai berikut:

إذا دعا المسلم لأخيه بظهر الغيب قال الملك آمين ولك بمثله

Artinya: “ Apabila seorang Muslim mendoakan bagi saudaranya sesama Muslim di luar kehadirannya, malaikat akan menimpali dengan ucapan “Amin” dan semoga Anda memperoleh semacam itu” (HR Muslim). 

Mengutip NU Online, Imam Nawawi menjelaskan yang dimaksud dengan بظهر الغيب “di luar kehadiran” adalah sebagai berikut: 

فمعناه في غيبة المدعوله وفي سره

Artinya: “Yang dimaksud adalah orang yang didoakan tidak ada di tempat dan tidak sepengetahuannya.” (lihat dalam Shahih Muslim bi Syarh an-Nawawi [Muassasah Qurthubah: 1994], Cetakan II, juz 17, hal. 77). 

Alasan berikutnya karena doa tersembunyi menunjukkan keikhlasan dan menandakan tiadanya sifat riya pada orang yang mendoakan. Dijelaskan Syekh Al-Munawi dalam Faidhu al-Qadir Syarh al-Jami’ al-Shaghir, (Dar al-ma’rifah: Beirut, 1972), Cetakan II, Jilid 3, hal. 527 sebagai berikut:

  لان الدعاء السر اقرب الى الاخلاص وابعد من الرياء

Artinya: “Karena sesungguhnya doa rahasia (doa yang tidak diketahui oleh orang yang didoakan) paling dekat kepada keikhlasan dan paling jauh dari sikap riya’.”

Lalu, alasan selanjutnya karena doa tersembunyi memiliki kekuatan 70 kali lipat dari pada doa yang sudah diketahui orang lain. Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah yang diriwayatkan dari Anas radhhiallahu `anhu sebagai berikut:

 

دعوة السر تعدل سبعين دعوة في العلانية

Artinya, “Satu Doa yang dirahasiakan sebanding dengan 70 doa yang terbuka (tidak dirahasiakan).” 

Tags : doa , tersembunyi , dikabulkan

Berita Terkait