Dalil Waktu Pelaksanaan Salat Fardu

| Kamis, 11/02/2021 13:17 WIB
Dalil Waktu Pelaksanaan Salat Fardu Salat jamaah (sumber : dawn.com)

RADARBANGSA.COM - Salat fardu adalah salat wajib yang berjumlah lima dan memiliki waktu yang telah ditentukan secara syariat Islam. Ada permulaan, di mana salat tidak sah jika dijalankan sebelum masuk permulaan waktu, dan terdapat batas akhir, di mana salat harus dilaksanakan sebelum sampai batas akhir waktu. Hal ini tertera dalam Alquran Surat An-Nisa ayat 103:Salat fardu adalah ibadah wajib bagi seluruh umat Islam dengan waktu serta jumlah rakaat yang sudah ditentukan syariat. Ada permulaan, di mana salat tidak sah jika dijalankan sebelum masuk permulaan waktu, dan terdapat batas akhir, di mana salat harus dilaksanakan sebelum sampai batas akhir waktu. Hal ini tertera dalam Alquran Surat An-Nisa ayat 103:

إِنَّالصَّلَاةَكَانَتْعَلَىالْمُؤْمِنِينَكِتَابًامَوْقُوتًا 

“Sesungguhnya salat itu adalah fardu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Salat subuh dilakukan sejak terbitnya fajar sidiq hingga terbitnya matahari. Sebagaimana keterangan hadis riwayat Muslim no 612:

قالرسولالله- صلىاللهعليهوسلم-: وقتصلاةالصبحمنطلوعالفجرمالمتطلعالشمس 

“Bersabda Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam: “Waktu salat subuh ialah sejak terbitnya fajar hingga terbitnya matahari.”

Salat zuhur dilakukan sejak tergelincirnya matahari di barat hingga masuknya waktu asar. Hal ini djelaskan dalam hadis riwayat Muslim no 612:

أنرسولالله- صلىاللهعليهوسلم- قال: "وقتالظهرإذزالتالشمس،..... مالميحضرالعصر

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda: “Waktu zuhur ialah ketika matahari tergelincir, ... sampai datangnya waktu asar.”

Waktu salat asar dilakukan sejak bayangan benda sama panjangnya dengan benda tersebut sampai terbenamnya matahari. Dijelaskan pada hadis riwayat Imam Bukhari no 554:

.....ومنأدركركعةمنالعصرقبلأنتغربالشمسفقدأدركالعصر

“ ...Barangsiapa mendapati satu rakaat salat asar sebelum matahari terbenam, maka ia telah mendapati waktu asar.”

Salat magrib dilakukan sejak terbenamnya matahari hingga awan berwarna merah dari langit menghilang. Dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Muslim no 612:

وقتالمغربمالميغبالشفق

“Waktu magrib berakhir hingga hilangnya awan merah dari cakrawala.”

Salat isya mulai dilakukan sejak selesainya waktu magrib hingga terbitnya waktu fajar sebagai pertanda waktu masuknya waktu salat subuh.

Tidak mengerjakan salat di awal waktu bukan berarti melalaikan salat. Islam sudah mengatur waktu dimana para umatnya melaksanakan salat, sehingga waktu utama melaksanakan salat fardu adalah sejak masuknya waktu salat tersebut hingga waktu batas akhir melaksanakan salat.

 

Tags : Salat , Waktu , fardu

Berita Terkait