Mengingat Ajaran Nabi Muhammad SAW di Hari Bumi  

| Kamis, 22/04/2021 18:29 WIB
Mengingat Ajaran Nabi Muhammad SAW di Hari Bumi    Hari Bumi 2021 (sumber:istimewa)

 

RADARBANGSA.COM - Lingkungan adalah tempat tinggal manusia dan sudah menjadi tanggung jawab manusia untuk menjaga merawat bumi. Rasulullah SAW pernah mengingatkan para sahabat mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Bahkan dalam hadis Rasulullah SAW menjelaskan bahwa melestarikan lingkungan sudah seperti pahala sedekah yang berkelanjutan.

“Barang siapa menghidupkan tanah yang mati, maka baginya pahala. Apa yang dimakan oleh binatang darinya, maka itu baginya pahala sedekah,” hadis riwayat An-Nasai, Ibnu Hibban, dan Ahmad.

Beberapa arahan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW terkait melestarikan lingkungan. Pertama, larangan mencemari lingkungan, Rasulullah SAW sangat tegas mengenai larangan mencemari lingkungan. Hadis riwayat Abu Dawud, Ahmad, dan Ibnu Majjah, Rasulullah SAW melarang keras seseorang untuk buang air besar di sungai yang mengalir, di jalan yang dilalui orang, dan di tempat berteduh. Ketiga perbuatan tersebut merupakan hal yang dilaknat. Dalam hadis lain, Rasulullah SAW juga melarang seseorang untuk buang air besar di air yang tidak mengalir karena perbuatan tersebut akan merusak air.

Kedua, Rasulullah SAW melarang menggunakan air secara berlebihan. Sahabat nabi, Sa`ad pernah mendapat teguran Rasulullah SAW ketika menggunakaan air secara berlebih-lebih untuk berwudu, walaupun pada saat itu air yang tersedia berlimpah. Hal ini dijelaskan dalam hadis riwayat Ibnu Majah dan Ahmad.

Ketiga, merawat lingkungan dengan menanam tumbuhan di lahan, untuk menghidupkan tanah yang mati. Rasulullah SAW bersabda, seseorang yang menanam tanaman akan mendapatkan pahala seperti pahala bersedekah. Dan akan mendapatkan pahala sepanjang tanaman tersebut bisa bermanfaat oleh mahluk hidup dan lingkungan sekitar.

Keempat, menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. Rasulullah SAW bersabda, suatu ketika Allah SWT memperlihatkan kepadanya amal baik dan amal buruk dari umatnya. Di antara amal baik umatnya yang diperlihatkan adalah menyingkirkan gangguan atau bahaya dari jalan. Sementara amal buruk yang diperlihatkan adalah meludah di masjid dan tidak membersihkannya.

Rasulullah SAW juga menekankan kepada umatnya untuk menjaga kebersihan karena Allah SWT menyukai kebersihan, dan kebersihan adalah sebagian dari iman.

Tags : Bumi , Lingkungan

Berita Terkait