Ini Tiga Macam Puasa Sunah di Bulan Muharam

| Jum'at, 13/08/2021 16:05 WIB
Ini Tiga Macam Puasa Sunah di Bulan Muharam Berbuka puasa (foto:Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Puasa sunah bulan muharam adalah puasa yang diutamakan setelah puasa di bulan Ramadan. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis riwayat Muslim yang bersumber dari Abu Hurairah:

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَفْضَلُ الصِّيَامِ، بَعْدَ رَمَضَانَ، شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ، بَعْدَ الْفَرِيضَةِ، صَلَاةُ اللَّيْلِ»

Rasulullah SAW berkata, ‘Puasa paling utama setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, yakni Muharam. Sementara salat paling utama setelah salat fardu adalah salat malam.”

Hadis di atas menjelaskankeutamaan berpuasa di bulan Muharam, namun tidak spesifik menjelaskan kapankah waktu berpuasa di bulan Muharam, selama satu bulan pernuh atau hari-hari tertentu. Terkait hal ini, Al-Mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahwadzi (syarah sunan Tirmidzi) menyebutkan:

صَوْمِ الْمُحَرَّمِ ثَلَاثَةٌ الْأَفْضَلُ أَنْ يَصُومَ يَوْمَ الْعَاشِرِ وَيَوْمًا قَبْلَهُ وَيَوْمًا بَعْدَهُ وَقَدْ جَاءَ ذَلِكَ فِي حَدِيثِ أَحْمَدَ وَثَانِيهَا أَنْ يَصُومَ التَّاسِعَ وَالْعَاشِرَ وَثَالِثُهَا أَنْ يَصُومَ الْعَاشِرَ فَقَطْ

Puasa Muharam ada tiga bentuk. Pertama, yang paling utama ialah puasa di hari kesepuluh beserta satu hari sebelum dan sesudahnya. Kedua, puasa di hari kesembilan dan kesepuluh. Ketiga, puasa di hari kesepuluh saja.

Melalui keterangan di atas setidaknya ada tiga bentuk puasa sunah di bulan muharam yang bisa dijalankan:

1. Puasa di hari kesepuluh beserta satu hari sebelum dan sesudahnya, sehingga di hari ke 9,10,11 Muharam.

2. Puasa di hari kesembilan dan kesepuluh Muharam

3. Puasa di hari kesepuluh saja

Tiga tawaran ini setidaknya menjadi opsi yang baik dalam mengamalkan puasa sunah di bulan Muharam. Kalaupun tidak begitu, bisa saja puasa Senin-Kamis atau puasa pada tanggal 13, 14, dan 15 (ayyamul bidh) di bulan Muharram bagi mereka yang terbiasa mengamalkannya di bulan lain.

 

 

Tags : Puasa Sunah Muharram

Berita Terkait