Gak Perlu Beli, Ini Resep Gampang Bikin Mie Gacoan

| Jum'at, 05/01/2024 08:02 WIB
Gak Perlu Beli, Ini Resep Gampang Bikin Mie Gacoan Mie Gacoan Rumahan (Doc: Youtube Devina Hermawan)

RADARBANGSA.COM - Popularitas Mie Gacoan memang nggak perlu perlu diragukan. Rasanya yang enak dan harganya yang murah membuat banyak anak muda gemar membeli makanan ini. Nah, buat kamu yang ingin buat Mie Gacoan ala rumahan bisa banget nih untuk menyimak artikel ini. Pasalnya, artikel ini akan membahas resep Mie Gacoan ala rumahan yang enak dan pastinya pedes nampol.

Semua bahan yang akan digunakan di resep ini bisa kamu temukan dengan mudah di supermarket maupun toko online lho. Selain itu, resep ini dibuat segampang mungkin untuk bisa kamu tiru di rumah. Penasaran dengan proses dan cara pembuatan mie yang enak dan pedas ini? Yuk, simak apa saja yang diperlukan dan bagaimana proses pembuatan Mie Gacoan ala rumahan berikut ini.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan Utama

  • 2 Bungkus Mie Telur
  • Daging Ayam 350 gram
  • 10 buah cabai rawit
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Lada bubuk secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Sosis secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
  • Daun bawang secukupnya
  • Pangsit goreng
  • Sosis

Alat-Alat yang Diperlukan

    • Kompor
    • Panci
    • ·Wajan
    • Spatula
    • Piring
    • Chopper
    • Pisau

Cara Membuat Mie Gacoan

  1.       Siapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan
  2.       Cuci bersih daging ayam yang akan digunakan sebagai topping mie ayam
  3.       Siapkan panci dan masukkan air ke dalamnya, lalu rebus
  4.       Masukkan potongan daging ayam, tunggu hingga air menyusut dan daging ayam masak
  5.       Tiriskan daging ayam hingga kering
  6.       Haluskan daging ayam dengan menggunakan chopper lalu pindahkan ke wadah lainnya
  7.       Masukkan mie di dalam rebusan air selama 3 menit lalu tiriskan
  8.       Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, dan garam
  9.       Tumis bumbu halus tersebut lalu masukkan kaldu jamur, merica, mie, kecap manis dan daging ayam cincang, aduk secara merata
  10.   Jika sudah masak hidangkan mie tersebut ke wadah piring, jangan lupa taburi dengan bawang goreng, potongan bawang, pangsit goreng, dan sosis sebagai pelengkap.

 

Tips Membuat Mie Gacoan

Meskipun bisa dibuat dengan mudah, namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika sedang memasak Mie Gacoan ala rumahan. Beberapa tips berikut ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rasa Mie Gacoan yang enak dan bergizi. Apa saja sih tipsnya? Yuk, simak beberapa tips memasak Mie Gacoan di bawah ini.

1.      Gunakan Bagian Dada Ayam sebagai Topping

Salah satu bagian yang penting dari hidangan Mie Gacoan adalah topping. Bahan dasar untuk membuat topping pada menu makanan ini adalah daging ayam cincang. Tips untuk membuat topping Mie Gacoan yang enak adalah dengan menggunakan daging ayam bagian dada. Bagian dada pada ayam memang full daging, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar topping.

Selain itu, kamu juga nggak akan kesulitan mengambil daging pada bagian dada. Pasalnya, daging pada bagian dada bisa dipisahkan dengan mudah dari tulang-tulangnya. Dada ayam juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh dan rendah lemak. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan dada ayam ini sebagai bahan dasar pembuatan topping Mie Gacoan yang enak.

Keuntungan membuat Mie Gacoan sendiri di rumah adalah kamu bisa menentukan bahan-bahan apa saja yang akan kamu gunakan. Hal itu membuat kamu lebih mudah untuk menentukan kandungan gizi yang ada di sajian makanan tersebut. Jika kamu membuat Mie Gacoan sendiri, maka kamu bisa menggunakan daging dada ayam untuk pembuatan topping mie yang lebih sehat.

2.      Pilih Bahan yang Berkualitas

Salah satu tips untuk membuat Mie Gacoan yang enak adalah dengan memastikan bahwa bahan yang kamu gunakan berkualitas tinggi. Salah satu ciri bahwa bahan yang kamu gunakan berkualitas bisa dilihat dari kesegarannya. Pilihlah daging ayam segar untuk memastikan rasa topping yang enak dan bergizi.

Memilih bumbu masakan yang segar juga penting untuk dilakukan. Pasalnya, salah satu bahan utama untuk pembuatan Mie Gacoan adalah cabai. Jika cabai yang digunakan berkualitas jelek dan nggak segar, tentu akan berakibat pada rasa makanan yang kurang maksimal. Oleh karena itu, penting bagi Blibli Friends untuk memilih bahan bumbu yang berkualitas tinggi.

Selain itu, pilihlah mie yang masih dalam kondisi baik. Perhatikan tanggal kadaluarsa mie untuk memastikan bahwa mie masih bisa dimasak. Blibli Friends bisa juga bisa memilih berbagai jenis mie yang paling sesuai dengan selera kamu lho. Memang biasanya jenis mie yang digunakan adalah mie telur. Namun, nggak menutup kemungkinan kalau kamu bisa menggunakan jenis mie lainnya.

3.      Perhatikan Waktu Ketika Merebus Mie

Tips selanjutnya yang bisa kamu perhatikan ketika membuat menu Mie Gacoan adalah perhatikan waktu ketika merebus mie. Pastinya kamu ingin tekstur mie tetap kenyal, kan? Nah, kunci untuk mendapatkan tekstur mie yang kenyal dan nggak terlalu lembek adalah dengan memperhatikan waktu perebusan mie tersebut.

Pasalnya, mie yang terlalu lembek membuat cita rasa makanan jadi kurang enak. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu perebusan mie yang pas untuk mendapatkan tekstur mie yang tetap kenyal. Waktu perebusan mie yang ideal adala sekitar 3 menit saja. Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah masukkan mie untuk direbus saat air benar-benar sudah mendidih.

Memastikan tekstur mie tetap lembut dan kenyal bisa kamu lakukan jika menerapkan tips ini. Hidangan Mie Gacoan pun bisa terlihat menarik dan memiliki rasa yang lebih enak jika tekstur mie kenyal dan lembut. Jadi, pastikan untuk merebus mie dalam rentang waktu yang ideal, ya!

4.      Sajikan dengan Bahan Pelengkap Lainnya

Setelah Mie Gacoan selesai dimasak, kamu bisa menghidangkannya di piring. Tips lain yang bisa kamu lakukan saat memasak menu ini adalah tambahkan bahan pelengkap lainnya sebagai topping. Jadi, kamu bisa menambahkan pangsit untuk menambah cita rasa mie agar lebih enak. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan pangsit instan saja.

Selain pangsit, kamu juga bisa menambahkan sosis di Mie Gacoan yang kamu buat. Tentu rasa mie akan lebih spesial jika kamu menambahkan banyak topping di atasnya. Kamu juga dapat menambahkan sayuran seperti selada dan irisan tomat sebagai bahan pelengkap di Mie Gacoan yang kamu buat.

Gimana, tertarik untuk mencoba resep Mie Gacoan yang sudah disebutkan di atas? Sebelum memasak Mie Gacoan, pastikan kamu membeli bahan-bahan berkualitas ya!.

Tags : Mie Gacoan , Kwetiau , Cwimie

Berita Terkait