Siti Masrifah: Pesantren Kunci Utama Kemandirian Umat

| Senin, 09/10/2017 19:50 WIB
Siti Masrifah: Pesantren Kunci Utama Kemandirian Umat Anggota FPKB Siti Masrifah Hadiri Halaqoh Kebangsaan di Ponpes Assaadah Serpong

TANGSEL, RADARBANGSA.COM - Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI Siti Masrifah mengajak para ulama dan santri untuk merumuskan kembali bagaimana pesantren menjadi basis utama dalam penguatan kemandirian umat.

"Saya mendapat mandat dari Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar, untuk merumuskan bagaimana pesantren menjadi kekuatan utama dalam kemandirian umat," ujar Siti Masrifah, saat membuka acara Halaqoh Kebangsaan: Ulama dan Kemandirian umat di Pondok Pesantren As-Sa`adah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin, 9 Oktober 2017

Masrifah menyebutkan bahwa Ulama dan kiai Nahdlatul Ulama (NU) telah mewariskan ajaran kemandirian dari pesantren. "Mari kita semua kembali mencermati, membuka mata hati, belajar kepada ajaran para kiai dan ulama yang telah menjadikan pesantren sebagai basis kemandirian umat, basis menumbuhkan rasa gotong royong menegakkan NKRI," tambah Masrifah.

Selain itu, Masrifah juga memaparkan tentang situasi yang tidak karuan saat ini, bahwa umat gampang terprovokasi, solusinya adalah pesantren yang terdepan dalam mengatasi hal itu. "saat ini, situasi keumatan menjadi tidak karuan, himpitan ekonomi menjadi alasan keyakinannya goyah, maka pesantren harus menjadi jawaban atas situasi yang dialami umat saat ini, sebab pesantren dan ulama adalah elemen vital dalam mewujudkan cita-cita kemandirian umat," tambahnya.

Menyikapi situasi hari ini, Masrifah juga mengajak pesantren mencermati tiga hal, diantaranya: pertama, kesejahteraan umat, ekonomi masyarakat harus mandiri, agar keyakinnnya tidak mudah goyah. Kedua, terjaminnya kesehatan masyarakat. Dan ketiga, masyarakat harus pintar.

"Ketiga hal tersebut, adalah modal utama agar masyarakat tidak mudah goyah, tidak mudah dibodohi dengan hal ikhwal yang tidak sesuai dengan konsensus para ulama dalam mendirikan bangsa ini," jelasnya. (RS)

Tags : Pesantren , Siti Masrifah

Berita Terkait