Hari Santri 2017

Klenteng Turut Meriahkan Hari Santri Nasional

| Minggu, 22/10/2017 06:31 WIB
Klenteng Turut Meriahkan Hari Santri Nasional Spanduk Selamat Hari Santri Nasional Terpasang di salah satu Klenteng di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Peringatan Hari Santri 2017 yang dilaksanakan di sejumlah daerah mendapatkan perhatian positif banyak pihak. Hal tersebut ditunjukkan dengan semaraknya poster atau spanduk yang dipasang di berbagai tempat.

Tidak hanya itu, spanduk Hari Santri juga terlihat dipasang di tempat-tempat ibadah non-Islam. Salah satunya tampak di Klenteng Tjoen Hok Bio yang berada di Desa Karangboyo Juana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pengurus tempat ibadah umat Konghucu tersebut sengaja memasang sepanduk hari santri di pagar depan Klenteng dengan tujuan bisa memberikan pesan moral.

"Usai pertemuan umat lintas agama, spanduk hari santri dari Banser NU sengaja kami pasang. Sebagai penyejuk jiwa agar kebinekaan benar-benar bisa terwujud dan diterima masyarakat," kata salah satu pengurus Klenteng, Rohimin, Sabtu, 21 Oktober 2017.

Dia menjelaskan, jalinan kemitraan dengan Banser NU sudah lama terpupuk dengan baik. "Sudah lama kami menjalin hubungan kekeluargaan. Bahkan, sering kali kami terlibat dalam kegiatan sosial," tukas Rohimin.

Sementara itu, seperti dikutip nu.or.id, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Juana, Siswoyo mengatakan bahwa Islam itu rahmatal lil `alamin. Maka sudah barang tentu, lanjutnya, membaur, rukun dan damai kepada semua manusia.

"Islam adalah agama rahmatallil alamin. Sudah selayaknya kita khususnya warga Nahdliyyin lebih dulu memberikan contoh dan mengajak umat agama lain untuk rukun dan damai," ujarnya.

Tags : Hari Santri 2017 , Klenteng

Berita Terkait