Karding Desak Pemerintah Tuntaskan Masalah Over Kapasitas Lapas

| Senin, 30/10/2017 11:08 WIB
Karding Desak Pemerintah Tuntaskan Masalah Over Kapasitas Lapas Sejumlah pejabat Lapas Klas IIA Kota Banjarmasin memaparkan kondisi riil Lapas kepada Anggota Komisi III DPR RI (dokumentasi @Kadir_Karding)

BANJARMASIN, RADARBANGSA.COM - Persoalan klasik di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) belum kunjung selesai. Hampir setiap tahun, kasus Narapidana kabur hingga ricuh dan menelan korban jiwa di Lapas kerap terjadi. Salah satu penyebabnya karena problem over kapasitas.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Abdul kadir Karding sangat menyayangkan persoalan tersebut. Dalam kunjungannya ke Lapas Klas IIA Kota Banjarmasin, Karding kembali menemukan fakta over kapasitas Lapas.

“Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI ke lapas  Klas IIA Banjarmasin. Persoalan klasik over capacity,” kata Karding di Kota Banjarmasin, Senin 30 Oktober 2017.

Menurut Karding, Lapas Kota Banjarmasin itu mestinya dihuni 400 orang. Namun faktanya sungguh mengagetkan, Lapas tersebut dihuni oleh 2436 orang.

“Ini sangat menghawatirkan, mestinya (Lapas Kota Banjarmasin) dihuni 400 orang, faktanya 2436 orang,” terangnya.

Karena itu, Sekjen DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mendesak pemerintah untuk segera mengevaluasi dan memberi solusi konkrit atas persoalan tersebut. Jika hal ini dibiarkan, kata Karding, bukan tidak mungkin kasus tahanan kabur dan/atau ricuh bakal terus terjadi di Lapas.

"Perlu solusi, beberapa kejadian di Lapas, bahkan ada yang meninggal. Saya kira over kapasitas dari dulu dan sampai sekarang belum ada titik penyelesaian," pungkasnya.

Tags : Abdul Kadir Karding , Lapas , PKB

Berita Terkait