Mendagri: Blangko E-KTP Cukup untuk Seluruh Daerah

| Kamis, 08/02/2018 16:28 WIB
Mendagri: Blangko E-KTP Cukup untuk Seluruh Daerah Ilustrasi.

BATAM, RADARBANGSA.COM - Ke depan, masyarakat sudah bisa mencetak E-KTP tanpa mengeluh blangko E-KTP kosong atau Habis. Sebab, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah memastikan jumlah blangko KTP elektronik cukup untuk dibagikan ke seluruh daerah di Indonesia.

"Blangko tercukupi," kata Menteri Tjahjo di Batam, Kepulauan Riau, Kamis, 8 Februari 2018 seperti dikutip antaranews.com.

Mendagri menambahkan, jika masih ada daerah yang kekurangan blangko KTP elektronik, tinggal meminta ke Kementerian Dalam Negeri supaya segera dikirim ke daerah yang kekurangan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan bahwa perekaman data KTP elektronik sudah mencapai 97,4 persen di seluruh Indonesia.

"Kita masih punya PR, 2,6 persen untuk menuntaskan capaian. Masalah masih ada," kata dia.

Menurutnya, KTP elektronik penting untuk melengkapi data kependudukan yang dibutuhkan berbagai pihak. Ia menyatakan, hingga saat ini Kementerian Dalam Negeri sudah menjalin kerja sama dengan 885 lembaga terkait data KTP elektronik.

"Capaian yang menggembirakan," ucapnya.

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri juga sudah memberikan akses kepada Ditjen Imigrasi untuk mengakses data NIK untuk paspor. Begitu pula KPU di 514 kabupaten kota dan 31 provinsi, sudah bekerja sama dalam penggunaan data.

"Sehingga bisa buka grafis, tidak ragu penduduk awal ada di mana. DPPP lebih sinkron harmonis. Sehingga tidak ada lagi yang tidak dapat pergunakan hak pilihnya," ujarnya.

Tags : KTP elektronik , Kemendagri , Dukcapil

Berita Terkait