Jimly: Isu SARA Tak Akan Terjadi di Pilkada 2018

| Rabu, 21/02/2018 20:46 WIB
Jimly: Isu SARA Tak Akan Terjadi di Pilkada 2018 Jimly Asshidiqie (Ketua Umum ICMI). (Foto: Dream.co.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Gelaran Pilkada 2018 yang berlangsung pada bulan Juni nanti diyakini akan lebih kondusif. Menurut Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie, isu suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) di DKI Jakarta tidak akan terjadi di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018.

"Kalau kita lihat (Pilkada 2018) tidak meneruskan polarisasi yang telah terjadi di DKI. Maka artinya isu SARA itu tidak akan meneruskan apa yang terjadi di DKI," kata Jimly di Kantor Sekretariat ICMI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Februari 2018.

Saat ini, kata Jimly, di Jawa Barat saja terdapat empat pasangan calon kepada daerah. Koalisi partai di Pilkada Jabar juga tidak seperti di Pilkada DKI.

"Saya rasa tidak perlu ditakutkan sehingga penyerangan, penganiayaan terhadap tokoh-tokoh agama ini tidak berbanding lurus dengan kekhawatiran yang terjadi di (Pilkada) Jakarta tempo hari," sebut Jimly seperti dikutip liputan6.com.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu juga mengimbau agar masyarakat tidak terlalu serius dan kaku menghadapi pilkada nanti. Sebab, bila pasangan calon yang diusung tidak menang, tidak akan meninggalkan rasa kecewa yang dalam. 

Tags : Jimly Asshidiqie , Isu SARA , Pilkada 2018

Berita Terkait