Dilantik Jadi Wakil Ketua MPR RI, Ini Visi dan Misi Cak Imin

| Senin, 26/03/2018 09:48 WIB
Dilantik Jadi Wakil Ketua MPR RI, Ini Visi dan Misi Cak Imin Courtesy of Kompas TV

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sidang Paripurna MPR dengan agenda penetapan dan pengucapan sumpah pimpinan MPR tambahan akan digelar hari ini, Senin 26 Maret 2018 pukul 13.00 WIB di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Ketiga pimpinan MPR yang akan dilantik yaitu, Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Ahmad Basarah dari PDIP, dan Ahmad Muzani dari Partai Gerindra.

“Iya, hari ini dilantik jam 1. Mohon doanya semoga lancar ya,” kata Cak Imin dalam wawancara eksklusif di Sapa Indonesia Pagi Kompas TV di kediamannya, Ciganjur, Jakarta Selatan.

Cak Imin mengaku siap mengemban amanah sebagai Wakil Ketua MPR tersebut. Visi dan misi utama Cak Imin adalah untuk memperkokoh pilar-pilar kebangsaan yang saat ini mengalami degradasi.

“Paling pokok adalah pilar-pilar berbangsa, dan yang paling subtantif adalah degradasi bangsa. Pertama karena adanya dialektika keagamaan yang cukup menghawatirkan,” papar Cak Imin.

Selanjutnya Cak Imin akan meningkatkan sosialisasi pilar-pilar kebangsaan di tataran grassroot. Menurut Cak Imin masih banyak masyarakat pinggiran Indonesia yang belum mengenal Pancasila.

“Itu perlu implementasi dan butuh penanganan serius untuk mengenalkan Pancasila. Saya sebagai kader NU memiliki pengalaman untuk itu dan siap mensupport pak Zul (Zulkifli Hasan Ketua MPR RI) untuk membantu semaksimal mungkin sosialisasi,” tegas Cak Imin.

Lalu apa yang membedakan Cak Imin dengan para pimpinan MPR RI lainnya? Dalam hal ini Cak Imin menegaskan bahwa semangat kebangsaan harus berjalan beriringan dengan semangat spiritual.

Ia berkomitmen untuk menjadikan masjid dan musholla sebagai media keagamaan dan dakwah yang moderat dan menjadi penguat integritas bangsa, bukan malah menjadi sarana pengeras SARA.

“Kedua seni dan budaya, baik yang berbasis tutur atau panggung. Tentu itu akan kita perkuat. Ketiga sosialisasi atau pendidikan yang bekerjasama dengan lembaga yang menguat di tengah masyarakat, contoh pesantren kah, madrasah kah,” jelas Cak Imin.

Tags : Cak Imin , Wakil Ketua MPR RI , Pancasila

Berita Terkait