Investasi SDM Kunci Keberhasilan Sektor Bisnis Perusahaan

| Senin, 25/06/2018 17:19 WIB
Investasi SDM Kunci Keberhasilan Sektor Bisnis Perusahaan Menaker Hanif Dhakiri mengunjungi pabrik rokok di Pamekasan (foto: kemnaker)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Saat menghadiri Halal Bihalal dengan Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK), Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengungkapkan bahwa investasi Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kunci keberhasilan bisnis perusahaan.

"Investasi SDM dan pengembangan industri harus berjalan paralel. Investasi SDM harus kita genjot dan ekosistem ketenagakerjaan kita harus diperbaiki sehingga memungkinan orang bekerja dan perusahaan berkembang," jelas Menaker dilansir kemnaker.go.id, 23 Juni 2018.

Menurut Menaker, di beberapa negara Eropa sekira 70 persen investasi dalam bidan SDM. "Investasi SDM tidak bisa sepenuhnya hanya diserahkan kepada pemerintah. Di Eropa peran swasta dalam investasi SDM sangat besar. Pemerintah hanya memimpin dan mengawal," jelasnya.

"Investasi SDM adalah kunci supaya negara dapat berkembang dengan pesat dan mampu bersaing," tukas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah menegaskan komitmennya untuk melakukan investasi SDM mulai tahun 2018 dan seterusnya. "Untuk itu mulai 2019 Presiden Jokowi menambahkan anggaran untuk pelatihan vokasi di Kemnaker," tegasnya.

Tags : Menaker , Pekerja , ILO ,

Berita Terkait