Kabupaten Donggala Diguncang Enam Kali Gempa, Satu Orang Meninggal Dunia

| Jum'at, 28/09/2018 18:17 WIB
Kabupaten Donggala Diguncang Enam Kali Gempa, Satu Orang Meninggal Dunia Gempa susulan kembali terjadi di Kabupaten Donggala bagian tenggara dengan kekuatan 5,0 SR, Jumat (28/9). (Foto: BMKG)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Badan meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat. Peringatan tersebut setelah Kabupaten Donggala, Sulteng digoncang gempa susulan berkekuatan 7,7 SR yang berpusat di 27 kilometer timur laut pukul 17.02 Wib.

Di informasikan dari laman twitter BMKG, gempa susulan kembali terjadi pukul 17.47 Wib dengan kekuatan 5,0 SR dengan kedalaman 10 kilometerdi tenggara Donggala.

Sebelumnya, gempa juga beberapa kali menggoncang Donggala. Gempa pertama terjadi pada pukul 14.00 Wib, dengan berkekuatan 5,9 SR. Kemudian, gempa kedua terjadi pukul 14.28 Wib dengan kekuatan 5,0 SR dan gempa ketiga terjadi pukul 15.25 Wib dengan kekuatan 5,3 SR.

BPBD Kabupaten Donggala seperti disampaikan kepala Humas BNPB, Sutopo Prwo Nugroho menyampaikan tercatat satu orang meninggal dunia dan 10 orang luka-luka. Selain itu, puluhan rumah rusak.

"BPBD Kabupaten Donggala tercatat satu orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka dan puluhan rumah rusak," kata Sutopo dalam keterangan tertulis, Jum`at, 28 September 2018.

Menurut Sutopo, gempa tersebut dirasakan di wilayah Donggala, Palu, hingga Poso. Dia melanjutkan, sebagian besar korban tertimpa reruntuhan bangunan.

"Korban tertimpa bangunan yang roboh. Evakuasi masih dilakukan oleh petugas. Pendataan dan penanganan darurat masih dilakukan," ujarnya.

Tags : Gempa Bumi , Kabupate Donggala , Peringatan Tsunami

Berita Terkait