Penakluk Gunung Everest Pertama RI Tak Ingin Disangkutpautkan dengan Politik

| Jum'at, 12/10/2018 22:45 WIB
Penakluk Gunung Everest Pertama RI Tak Ingin Disangkutpautkan dengan Politik Clara Sumarwati (Pendaki gunung Everest pertama dari Indonesia). (Foto: detikcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Dunia maya beberapa waktu lalu sempat dihebohkan dengan pernyataan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Alisera di salah satu acara Talk Show di Televisi yang menyebut Prabowo Subianto adalah orang pertama yang mendaki gunung tertinggi di dunia, gunung Everest. Sontak saja, netizen memberikan komentar dengan menampilkan data pendaki pertama gunung Everest dari Indonesia yang bernama Clara Sumarwati (53).

Polemik soal siapa orang pertama dari Indonesia yang menaklukan gunung Everest pun langsung ramai dibicarakan. Namun, Clara Sumarwati yang mendengar kabar tersebut berharap agar sejarah tersebut bisa diluruskan.

Selain itu, dia juga meminta agar hal ini tidak disangkutpautka dengan urusan politik. Clara pun mengaku sejak awal dirinya mendaki gunung Everest semata-mata demi membanggakan negara Indonesia.

"Jangan dilawan, nanti politik sih. Kalau lari ke politik jangan bawa-bawa saya. Saya bukan orang politik, saya pendaki asli," kata Clara di kediamannya di Mantrijeron, Yogyakarta, Jum`at, 12 Oktober 2018.

Dia juga menegaskan, bahwa sama sekali tidak tahu apa-apa soal urusan politik. Clara pun bercerita bahwa kala itu ia hanya tahu latihan demi mendaki gunung Everest.

"Pure tahunya latihan dan mendaki gunung. Enggak tahu politik, enggak nyampe," ujarnya.

"Yang jelas saya bawa sanksi 5 (pemandu). waktu itu badai, kayak kita naik mobil (saat) hujan kalau enggak ada wipernya enggak kelihatan. Masa suruh motret, ya saya milih selamet," pungkasnya seperti dikutip dari kumparan.com. 

Tags : Clara Sumarwati , Pendaki Gunung , Indonesia , Gunung Everest , Politik

Berita Terkait