Sebut Tuntutan Salah Alamat, PBNU: Banser Berperan Tumpas PKI!

| Jum'at, 26/10/2018 21:23 WIB
Sebut Tuntutan Salah Alamat, PBNU: Banser Berperan Tumpas PKI! Pelantikan Anggota Banser Mojokerto. (Doc. Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan bahwa tuntutan massa aksi yang meminta Banser dibubarkan salah alamat. PBNU menegaskan kalau Banser juga berperan dan ikut mendirikan Republik Indonesia hingga menumpas Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Ya saya kira salah alamat kalau mereka bubarkan Banser segala macam. Banser adalah komponen bangsa dan ikut mendirikan Republik ini. Bahkan penumpasan PKI peran Banser luar biasa," kata Sekjen PBNU Helmy Faisal Zaini di kantor PBNU, Jakarta, Jum`at, 26 Oktober 2018.

Ia mennyebut yang dibakar anggota Banser saat perayaan Hari Santri beberapa waktu lalu di Garut merupakan bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Sehingga, peristiwa itu tidak bisa direspons untuk pembubaran Banser.

"Tidak bisa ada masalah di Garut generalisir pembubaran Banser. Ini menunjukkan sinyalemen selama dilihat ada gerakan nasional dari awal ingin mengubah haluan negara, cukup jelas dan terang," tegasnya.

Helmy juga mempersilakan adanya pertemuan seperti yang diusulkan Wakil Ketua Umum DPP Front Pembela Islam (FPI) Jafar Shodiq yang meminta kemenko Polhukam memfasilitasi pertemuan Ketum PBNU Said Aqil Siroj dengan Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas dan GNPF Ulama.

"Ya silahkan saja. Namanya silaturahmi baik-baik saja. Kalau mau tabayyun silahkan," tandasnya. 

Tags : PBNU , Banser NU

Berita Terkait