Penerimaan CPNS Berdasarkan Ranking, Kemenpan RB: Isi Formasi Kosong

| Jum'at, 23/11/2018 17:02 WIB
Penerimaan CPNS Berdasarkan Ranking, Kemenpan RB: Isi Formasi Kosong Peserta tes CPNS di Kementerian Desa PDTT Jakarta (foto: kemendes)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan, Peraturan Menteri PANRB No. 61/201, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berdasarkan ranking untuk mengisi formasi yang kosong.

“Sistem perankingan dengan nilai kumulatif minimum ini hanya berlaku untuk mengisi formasi yang kosong. Oleh karena itu, peserta yang telah lolos passing grade awal dipastikan tidak dirugikan,” kata Setiaawan di Jakarta, Jumat 23 November 2018.

Menurut Setiawan,  dalam peraturan menteri tersebut ada metoda yang diterapkan untuk pengisian formasi yang masih kosong dengan kombinasi antara sistem ranking untuk memilih tiga terbaik di setiap formasi yang kosong, serta adanya nilai minimum kumulatif sebesar 255 yang harus dipenuhinya agar peserta tetap berkualitas.

Setiawan menuturkan bahwa tingkat kelulusan SKD CPNS tahun 2018 kurang dari 10 persen. Selain itu, banyak formasi kosong lantaran pesertanya tidak ada yang memenuhi passing grade. 

“Kalau kondisi itu dibiarkan, dikhawatirkan banyak formasi yang sudah ditetapkan tidak terisi,” tambahnya.

 

 

 

 

Tags : CPNS 2018 ,

Berita Terkait