Sejumlah Provinsi dan Kabupaten Kerjasama Program Transmigrasi

| Senin, 10/12/2018 17:59 WIB
Sejumlah Provinsi dan Kabupaten Kerjasama Program Transmigrasi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Lima provinsi dan enam kabupaten/kota melakukan sharing Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD) 2019 untuk dua kawasan transmigrasi di Kawasan Transmigrasi Belantikan Raya Kalimantan Utara dan Kawasan Transmigrasi Belantikan Raya, Kalimantan Tengah.

Kelima provinsi dan enam kabupaten/kota tersebut terdiri atas daerah asal transmigran dan daerah tujuan transmigrasi. Daerah asal transmigran di antaranya Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Gunung Kidul.

Sedangkan daerah tujuan transmigrasi di antaranya Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara dan Kabupaten Lamandau. Provinsi Kalimantan Tengah.

Dilansir kemendesgoid,  penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di Jakarta pada Jumat 7 Desember 2018 lalu dengan total sharing anggaran sebesar Rp 23 Miliar.

“Saya berterimakasih kepada gubernur beserta para bupatinya, yang bukan hanya menyiapkan, tapi juga ikut menganggarkan APBD-nya juga. Ini bentuk partisipasi dan komitmen yang membanggakan,” kata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo.

Eko menjelaskan bahwa masyarakat yang mengikuti program transmigrasi akan mendapatkan lahan dan rumah yang memadai. Tak hanya itu, para transmigran juga akan diberikan biaya hidup selama 18 bulan, dengan nominal sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP) setempat.

 

Tags : Program Transmigrasi , Kemendes PDTT ,

Berita Terkait