Khataman Alqur`an Nusantara Bertauhid Serentak se Indonesia, ini Do`a Cak Imin

| Minggu, 14/04/2019 17:09 WIB
Khataman Alqur`an Nusantara Bertauhid Serentak se Indonesia, ini Do`a Cak Imin Inisiator Nusantara Mengaji Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyampaikan sambutan usai khataman Alquran di Masjid Sunan Ampel, Surabaya, Minggu (14/4). (Foto: nusantaramemgaji)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Khataman Alquran serentak se Indonesia menjadi puncak acara nusantara bertauhid yang digelar Nusantara Mengaji. Abdul Muhaimin Iskandar selaku inisiator gerakan khataman alquran ini mengatakan kegiatan ini sebagai tonggak kekuatan iman dan persaudaraan bangsa.

Pasalnya, pria yang akrab disapa Cak Imin itu menilai banyak perpecahan sesama saudara sebangsa bahkan sesama umat yang terjadi di beberapa negara, bukan tidak mungkin akan timbul di Indonesia. "Di beberapa negara lain, di Libya hingga terakhir terjadi kekerasan di New Zealand. Maka mudah-mudahan dengan khataman alquran ini, kengerian tersebut tidak sampai terjadi disini," kata Cak Imin di Masjid Sunan Ampel, Surabaya, Minggu14 April 2019.

Potensi perpecahan ini, lanjutnya, sangat mungkin timbul akibat persaingan selama masa Pemilu. Cak Imin yang juga wakil ketua MPR RI itu menegaskan untuk lebih mengedepankan kebersamaan dan persatuan.

"Sekeras apapun persaingan dalam politik hanya sarana dan alat sebagai upaya menuju baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur. Tidak ada persaingan yang harus terus di pertahankan. Karena kebersamaan dan persatuan lebih utama," tegas Cak Imin.

Sementara itu, ketua Kornas Nusantara Mengaji Jazilul Fawaid menambahkan, selain di Sunan Ampel Surabaya, puncak khataman alquran nusantara bertauhid ini juga dipusatkan di Aceh dan Papua. Di tiga tempat ini, jelasnya, kegiatan khataman alquran diharapkan menjadi tonggak perekat persatuan.

"Sebelumnya kita telah mengadakan khataman alquran di Makam Syekh Quro, Karawang. Kemudian, di Kesultanan Banten, Pondok Tahfidzul Quran Yanbuul quran, Kudus, dan kini kita melaksanakan khataman alquran serentak se Indonesia," jelasnya.

"Hari ini kita mengadakan khataman alquran hampir di seluruh wilayah Indonesia yang dipusatkan di tiga titik, yakni Aceh, Surabaya dan Papua. Mudah-mudahan di tiga tempat ini menjadi tonggak keimanan serta kekuatan persatuan bangsa," pungkas Jazil yang juga anggota DPR RI dapil Lamongan-Gresik. (Rere/NM)

Tags : Nusantara Bertauhid , Cak Imin , Masjid Sunan Ampel

Berita Terkait