CIPA Gelar Diskusi Smart City, Billy Ariez: Pengembangan Smart City Sejalan dengan Pemerintah

| Sabtu, 24/08/2019 18:14 WIB
CIPA Gelar Diskusi Smart City, Billy Ariez: Pengembangan Smart City Sejalan dengan Pemerintah CIPA menggelar diskusi ‘Smart City and Smart Village di Kedai Tempo, Utan Kayu, Jakarta Timur (foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Center for Indonesian Policy Analysis (CIPA) menggelar diskusi ‘Smart City and Smart Village sebagai Ikhtiar Lompatan Pembangunan Nasional’ di Kedai Tempo, Utan Kayu, Jakarta Timur, Sabtu, 24 Agustus 2019.

Diskusi ini dihadiri oleh narasumber Billy Ariez dari Climate Institute, Bayu Budiandrian dari CIPA serta dimoderatori oleh Iwan Ismi Febrianto. Acara ini juga dihadiri para aktivis dan mahasiswa dari berbagai kampus di Jakarta.

Billy dalam penyampaian materinya mengatakan, pengembangan suatu kota menjadi sebuah smart city sejalan dengan program pemerintah melalui Bappenas, yang telah menetapkan peta jalan pembangunan perkotaan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

“Adanya pengembangan 7 kawasan metropolitan yang sudah ada saat ini, 5 kawasan metropolitan baru, 10 kota baru publik, 20 kota otonom, dan 39 pusat pertumbuhan baru,” jelas Billy kepada radarbangsa.com.

Menurut Billy, saat ini lebih dari setengah populasi dunia tinggal di daerah perkotaan, dan proporsi ini akan tumbuh menjadi sekitar 70 persen pada tahun 2050. Pada tahun 2035, di Indonesia diperkirakan sebanyak 68 persen penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan. Terutama di 12 Kota metropolitan dan 20 kota sedang.

“Saat ini kawasan perkotaan juga memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.

Namun, lanjutnya, tanpa strategi perkotaan yang dapat ditindaklanjuti, kota-kota menghadapi bencana meningkatnya kemacetan dan polusi, energi yang tidak memadai dan tidak dapat diandalkan, serta menurunnya kwalitas hidup masyarakat secara umum serta layanan dan manajemen lingkungan yang buruk.

Tags : Smart City , Smart Village ,

Berita Terkait