Gus Yaqut Kantongi Aktor di Balik Tuntutan ‘Bubarkan Banser’

| Senin, 26/08/2019 08:00 WIB
Gus Yaqut Kantongi Aktor di Balik Tuntutan ‘Bubarkan Banser’ Banser NU (dok GP Ansor)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Nahdlatul Ulama Yaqut Cholil Qoumas mengaku tahu aktor yang mendesak Banser NU dibubarkan pasca gejolak di Tanah Papua.

Gus Yaqut (sapaan akrabnya) juga menampik tuntutan pembubaran Banser NU yang muncul dari Sorong, Papua Barat  dan diungkapkan Yorrys Raweyai berasal dari seluruh masyarakat Papua.

"Kami tahu siapa yang sedang bermain. Pernyataan pembubaran Banser itu tidak mewakili perasaan masyarakat Sorong pada umumnya," kata Gus Yaqut dilansir Tempo, Minggu 25 Agustus 2019.

Gus Yaqut membantah Banser NU terlibat pengerebekan dan tindakan rasialis di asrama mahasiswa Papua di Surabaya pada Jumat pekan lalu, 16 Agustus 2019.

Menurutnya, warga NU termasuk Ansor Banser bersahabat dengan masyarakat Papua. Ketika ada ormas yang mengepung asrama mahasiswa Papua justru Banser menjaga asrama tersebut.

Media sosial sedang ‘diserbu’ berita mengejutkan, yaitu tujuh tuntutan massa di Sorong saat aksi demo yang berlangsung di lapangan Apel Kantor Wali Kota Sorong pada hari Rabu 21 Agustus 2019.

Sontak saja berita itu viral karena salah satu poinnya (poin 3) menuntut Pemerintah harus segera membubarkan ormas Banser dari negara Republik Indonesia.

Tags : Banser , Papua , Gus Yaqut

Berita Terkait