Dahnil Ungkap Alasan Prabowo Bersedia Jabat Menteri Pertahanan

| Selasa, 22/10/2019 11:33 WIB
Dahnil Ungkap Alasan Prabowo Bersedia Jabat Menteri Pertahanan Jubir Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak (dok Twitter @Dahnilanzar)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pernyataan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mengaku bersedia menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) usai bertemu Presiden Joko Widodo kemarin turut ditanggapi Dahnil Anzar Simanjuntak.

Juru bicara Prabowo ini mengatakan alasan bosnya bersedia menjadi Menteri Pertahanan lantaran dia memiliki keahlian dan espektasi mumpuni di bidang tersebut.

"Pak Prabowo karena memang ekspektasinya di situ, beliau siap," kata Dahnil kepada wartawan di Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019.

Dahnil menyatakan, Jokowi yang meminta Prabowo untuk mengisi jabatan sebagai Menhan. Bahkan Jokowi juga mempersilahkannya ungkap tawaran tersebut kepada wartawan.

"Pak Jokowi yang tadi memerintahkan Pak Prabowo supaya langsung saja sebutkan Pak Prabowo ke wartawan bahwasanya bapak, saya minta jadi Menhan," sambung Dahnil.

Di internal Gerindra menyebutkan, Prabowo menerima tawaran tersebut karena bidang yang ditawarkan sesuai dengan konsep partai Gerindra dalam bidang kemandirian pertahanan, pangan, dan energi.

Prabowo meminta pos menteri yang sesuai dengan kapasitasnya dalam bidang pertahanan.

"Kalaupun pak Jokowi minta yang masuk ada pak Prabowo ya harus sesuai dengan kapasitas pak Prabowo, jadi pak Prabowo tidak asal minta, misalnya tidak asal mau diberi menteri tapi kepentingan beliau adalah kalau itu Gerindra bisa berkontribusi di situ, pak Prabowo bisa kontribusi maksimal di situ baru beliau bisa terima," kata Dahnil.

Bila kemudian presiden menyetujui dan meminta Gerindra masuk ke dalam pemerintahan, maka Prabowo meminta pos yang sesuai dengan konsen partai Gerindra tersebut.

"Yang jelas memang itu kan kompetensi pak Prabowo ya kalau pak Prabowo kan memang di situ, dan sejak awal ketika memyampaikan konsepsi segala macam memang pak Prabowo jelaskan kekhawatiran beliau tentang Papua, pertahanan keamanan kita, tentang potensi TNI kita dan macam macam, itu memang concern beliau," katanya.

Tags : Prabowo , Jokowi , Dahnil Anzar , Kabinet